BW Capnature Universitas Gadjah Mada (UGM): “Pengamatan Keberagaman Anggrek Area Balairung UGM”

BW Capnature Universitas Gadjah Mada (UGM): “Pengamatan Keberagaman Anggrek Area Balairung UGM”
215
12 Juli 2022
Kampus UGM, Yogyakarta

BW Capture Nature (disingkat BW CapNature) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI untuk menyadarkan akan kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia pada berbagai wilayah hidup manusia, tanpa terkecuali kota. Kegiatan BW Capnature dengan tajuk "Pengamatan Keberagaman Anggrek Area Balairung UGM" diharapkan menjadi suatu wadah pembelajaran untuk mengenalkan tata cara pengamatan anggrek dan pengenalan jenis anggrek yang ada di area Balairung Universitas Gadjah Mada (UGM). Kegiatan BW Capnature diadakan oleh jaringan BW UGM dengan BIOSC UGM (Kelompok studi anggrek Fakultas Biologi UGM), dilaksanakan pada hari Senin, 30 Mei 2022  pukul 14.30-17.00 WIB. Rangkaian kegiatan diikuti oleh 26 mahasiswa/i yang berasal dari UGM, UIN Sunan Kalijaga, dan UNS.

 

Peserta BW CapNature UGM melakukan pengamatan anggrek yang dipandu oleh rekan BIOSC

 

Dua puluh enam mahasiswa/i melakukan pengamatan dan fotografi anggrek di area cemara tujuh yang berada di belakang gedung Balairung UGM. Lokasi tersebut terdapat berbagai anggrek spesies dan hybrid. Rangkaian kegiatan dibagi menjadi dua tim yang dipandu oleh rekan-rekan BIOSC. Kedua tim melakukan pengamatan pada anggrek yang berbeda, kemudian setelah pengamatan dilakukan diskusi terkait hasil pengamatan. Sebelum memulai pengamatan, peserta diberikan berbagai ilmu mulai dari pengenalan jenis anggrek, cara pengamatan dan identifikasi baik bagian daun, akar, bunga, dan lainnya hingga teknik fotografi anggrek. Sebagian besar anggrek spesies yang diamati belum banyak yang berbunga, hanya terdapat satu jenis anggrek spesies yang ditemukan sedang berbunga. Sedangkan anggrek hybrid yang berbunga memiliki warna beragam dan mencolok. Banyak anggrek hybrid ditemui pada saat melakukan pengamatan salah satunya yaitu Ascocentrum miniatum. Hasil fotografi anggrek kemudian dilombakan dan diperoleh tiga juara.

 

      

Foto-foto pemenang lomba fotografi anggrek; atas: Amalia Rizky Fauzi (kiri) Qadriyah Fitri Catur Wijayanti (kanan); bawah: Taufiq Rezaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *