Betung Expedition: Mapala Untan Bersama BW KEHATI Untan Menelusuri Batas Negeri

Betung Expedition: Mapala Untan Bersama BW KEHATI Untan Menelusuri Batas Negeri
483
1 September 2021
Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum, Kalimantan Barat

Ekspedisi wajib adalah salah kegiatan yang dilakukan anggota muda untuk menjadi anggota penuh mapala untan. Kegiatan ini disusun oleh anggota muda angkatan 37 mapala untan. Kegiatan ekspedisi ini bernama ekspedisi gunung betung yang dilakukan pada tanggal 28 juni- 18 juli 2021. Kegiatan ini meliputi 3 kegiatan besar yaitu pengabdian pada masyarakat, penelitian dan pendakian gunung betung. Ekspedisi wajib ini dilaksanakan oleh 5 orang anggota muda yang diketuai oleh Jordi Febriadi dan 4 anggotanya Nurul Setiyawati,Florentina Jermany Junia Delvana,Ilham Akbar Firmana,dan wiji Rahayu Lestari serta didampingi 2 orang mentor Valentino Sagai Lanying dan Verin Himatun Soraya.

 

Kami melakukan kegiatan PPM mulai tanggal 2-4 juli 2021 di Desa Tanjung Lasa kegiatan pengabdian pada masyarakat meliputi kegiatan sosialisasi pembuatan pupuk organik dari limbah rumah tangga,bakti sosial membersihkan halaman balai desa,dan edukasi motivasi menggapai cita-cita untuk siswa sdn 13 tanjung lasa dengan tujuan dan harapan masyarakat dapat memanfaatkan limbah rumah menjadi pupuk yang berguna untuk pertanian,menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,serta memotivasi anak-anak Desa Tanjung Lasa agar betapa pentingnya cita-cita dan pendidikan bagi generasi penerus bangsa.

 

Penelitian studi habitat ikan semah dilakukan di sub DAS Embaloh dari tanggal 6 -8 juli kemudian dilanjutkan kembali 17- 18 juli 2021 wawancara dengan pihak masyarakat Desa Menua Sadap. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi tentang ikan semah kepada masyarakat agar bisa menjadi acuan untuk membudidayakan ikan semah.

 

Pendakian Gunung Betung yang kami laksana dari tanggal 10-16 juli 2021 memiliki ketinggian 1128 mdpl di kawasan Taman Nasional Betung Kerihun bertujuan untuk membuka jalur wisata dan riset tentang keanekaragaman flora dan fauna di sepanjang jalur pendakian. setelah kegiatan selesai kami juga melakukan presentasi hasil di Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum.

 

Kegiatan presentasi hasil ini adalah kami memaparkan apa saja hasil kegiatan telah kami lakukan selama berkegiatan di lapangan. Kegiatan ini berlangsung secara zoom meeting yang pada kesempatan ini dihadiri Oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Dan Danau Sentarum Yaitu Bapak Ir Arif Mahmud. Beliau menyampaikan” kami mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Tanjungpura karena telah melakukan kegiatan di sini, Banyak hal yang bisa digali dari kegiatan ekspedisi ini terutama kawan-kawan bisa punya kesempatan untuk eksplorasi.”Saya berharap ada tema-tema lain untuk kegiatan ekspedisi dan penelitian yang bersifat memenuhi skripsi.

 

Kegiatan presentasi ini juga di,hadir oleh kepala bidang satu TNBK Bapak Junaidi S.Hut Beliau menyampaikan “. catatan gunung betung termasuk ke zona rimba pemanfaat. foto dan video nanti dirangkum sebagai bahan wisatawan terkait data dan informasi yang ada di sepanjang perjalanan pendakian” serta Kepala seksi PTN wilayah 1 lanjak Bapak Parsaoran Samosir,Kepala Sub Bagian DEPK Bapak Ahmad Sirojudin, S.Hut, PEH Kepala Seksi PTN Wilayah 4 Nanga era Bapak Muhamad ilyas,Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Bidang Teknis Konservasi Bapak Syarief Muhammad Ridwan, S. Hut,Pendamping Kegiatan Bapak Ahmad Rindoan, S.Hut bidang PEH,Dicky Ari Darmawan bidang Polhut serta staf, pegawai, yang ada di BBTNBKDS.

 

Pada kegiatan ini kami menyampaikan banyak terima kepada semua pihak terlibat yang mendukung kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan baik, terutama keluarga besar Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Tanjungpura, pihak TNBK yang telah berkerjasama dalam kegiatan yang kami laksanakan, pihak Universitas Tanjungpura, serta dari Yayasan KEHATI dan BW KEHATI yang telah bekerja sama dengan baik, serta pihak Kodam XII TanjungPura, Wildlife Frame Organization, Dinas Pendidikan,Bulog Kanwil Kalbar, PT.Indofood, Terminal Konveksi, Suryanation, serta media partner dari Wartapala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *