Kategori: Satwa

Kupu-kupu Euploea climena

Kupu-kupu ini memiliki wilayah persebaran di Indonesia yang mencakup Sumatra, jawa, Alor, Ambon, Aru, Babar, Bali, Banda, Bawean, Belitung, Buru, Damar, Enggano, Flores, Goram, Kei, Lombok, Moa, Romang, Seram, Sumba, Sumbawa, Tanimbar, Timor, Wetar.

Cabai polos – Dicaeum minullum

Cabai polos memiliki ciri-ciri bulu bagian atas berwarna coklat kehijauan dengan bagian bulu dada putih tanpa corak. Hal ini menajadikan burung jenis ini berbeda dengan burung cabai lainnya. Cabai polos biasa memakan serangga-serangga kecil dan biji-bijian. Dapat ditemukan disekitar hutan, perbukitan hingga lahan pertanian.

Kareo padi

Burung ini merupakan terestrial yang kerap dijumpai di rawa, muara, sawah dan hutan. Kareo padi biasanya memakan biji-bijian, invertebrata dan ikan kecil.

Raja udang biru – Alcedo coerulescens

Raja udang biru dapat ditemukan di sekitar tambak, kolam atau hutan mangrove, biasanya burung ini memakan udang kecil atau ikan kecil. Biasanya bertengger di satu dahan pohon sebelum memangsa makanannya.

RBCC (Research Biodiversity & Conservation Center)

Dalam upaya mengembangkan kreativitas dan kapasitas mahasiswa biologi dalam kegiatan penelitian yang bergerak dalam bidang konservasi keanekaragaman hayati, kelompok biodiversitas Pendidikan Biologi UHAMKA melakukan kegiatan yang bertemakan Research Biodiversity & Conservation Center. Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari mahasiswa biologi di sekitar Jakarta selama 2 hari satu malam yang berlokasi di Hutan RBCC (Research Biodiversity & Conservation Center)

KODOK BANGKONG TULI?? INI DIA LIMNONECTES KUHLII

Halooo Amfibiansss!! Kali ini ada amfibi unik dari keluarga Dicroglossidae nihh, atau yang biasanya dikenal dengan ciri memiliki sepasang gigi. Biasa disebut dengan nama lokal Bangkong Tuli. Kenapa yaa disebut tuli??? Ternyata kata tuli ini diambil karena jenis ini tidak menampakkan timpanum yang jelas pada bagian lateral kepalanya. Sedangkan disebut bangkong karena tubuh mereka relatif KODOK BANGKONG TULI?? INI DIA LIMNONECTES KUHLII