Flora

Mangifera foetida Lour.

Di desaku namanya bacang, mungkin di daerah lain berbeda. Jenis buah khas rasa asam dan penyebab luka di ujung bibir ini sekarang sudah sulit ditemukan. Dulu, buah ini masih dijual di pasar. sekarang melihat pohonnya juga sudah sulit.

Anggrek Terbesar di Dunia ada di Sumatera

Selompok pemuda memindahkan rumpun anggrek macan (Grammatophylum spesiosum) ke tunggul kayu sebagai media barunya. Jenis anggrek terbesar di dunia ini tumbuh subur di iklim sub tropis seperti Indonesia. Komunitas penyelamat anggrek alam Gerakan Muarojambi Bersakat (GMB) membangun Taman Sakat Lebung Panjang secara swadaya yang bertujuan menjadi tempat eduwisata anggrek alam agar terlindungi dari kepunahan.

Kecombrang, Identitas Masakan Khas

Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm. atau kita kenal dengan nama kecombrang, honje, cekala dan masih banyak lagi. Tumbuhan ini banyak dibudidayakan di Sumatera Utara karena manfaatnya. Bunga dimanfaatkan untuk sayur, buah sebagai bumbu dan batang untuk sayur serta obat. Masakan khas yang kaya akan rasa kecombrang di Sumatera Utara seperti Daun Ubi Tumbuk, Arsik dan sambal

Pohon Raja

Koompassia excelsa (Becc.) Taub. merupakan pohon dengan tinggi mencapai 80 meter, karena menguasai kanopi di Sumatera Utara disebut dengan pohon raja. Memiliki beberapa nama lokal seperti; pohon raja, sialang, tualang, kompas dan menggeris. Pohon ini tergolong masih mudah dijumpai di hutan konservasi bahkan hutan desa.

Semakin Terbuka, Demi Membuka Mata Air Uang

Kebutuhan akan sumber daya alam tidak terbarukan dalam memenuhi kebutuhan manusia pada saat sekarang ini semakin banyak. Sumber daya alam tidak terbarukan akan habis jika terus dieksploitasi serta dapat merusak lingkungan. Foto ini diambil pada kawasan tambang tanah di Kota Padang, Sumatera Barat yang aktif beroperasi setiap hari. Manusia yang tidak bijak dalam memanfaatkan sumber