Cerek jawa (Charadrius javanicus)

Animal
Cerek jawa (Charadrius javanicus)
4 March 2023
519

Awalnya cerek jawa (Charadrius javanicus) pernah dikelompokkan menjadi satu jenis dengan cerek tilil (Charadrius alexandrinus). Namun, para ahli melakukan perubahan status taksonomi sehingga memisahkan menjadi dua jenis burung pantai yang berbeda.

Dasar pemisahan kedua jenis burung ini dapat dilihat pada beberapa ciri morfologi utama seperti warna leher, garis hitam pada bagian dada, panjang betis (tibia), dan warna kaki. Cerek jawa memiliki leher belakang warna cokelat dengan garis putih yang tidak menyambung sedangkan cerek tilil warna putihnya melingkari seluruh leher belakang sehingga menyerupai kalung. Perbedaan lain yaitu pada ukuran betis dan warna kaki cerek jawa lebih panjang dan berwarna pucat, sedangkan ukuran betis dan warna kaki cerek tilil lebih pendek dan terang.

Diketahui burung pantai ini hanya memiliki wilayah persebaran terbatas di Pulau Jawa (termasuk Kangean) dan Bali. Namun ternyata penyebaran burung pantai ini cukup luas. Penemuan catatan distribusi terbaru ditemukan di Pulau Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat (Lombok, Sumbawa) bahkan hingga Nusa Tenggara Timur (Kupang, Flores, Timor dan Sumba).

#bwrewardKEHATITerm1

Copyright
Imam Fadila
Name
Latin Name
Distribution location
Conservation status
Benefit
Photographer
Imam Fadila
Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2023-03-04
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *