Walabi

Animal
Walabi
23 May 2016
6355

Walabi Semak            

 

             Tak hanya Australia saja yang mempunyai hewan berkantung seperti Kangguru. Siapa sangka bahwa di Indonesia terdapat hewan berkantung yang disebut Walabi. Banyak yang belum mengetahui hal ini maka ini akan membahas seputar hewan Walabi. Walabi semak merupakan salah satu dari spesies yaitu marcopoda. Jika dilihat dari bentuk, Walabi sangat mirip dengan kangguru bahkan banyak yang mengira kalau Walabi dan Kangguru itu adalah hewan yang sama. Padahal kangguru dan Walabi mempunyai marga yang sama. Perlu dicatat bahwa badan Walabi dan Kangguru berbeda. Seperti yang dilhat pada gambar                      

             Walabi mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan kangguru. Walabi banyak ditemukan di daerah Indonesia khususnya di daerah Papua. Walabi memiliki kebiasaan hidup berkelompok dimana dalam setiap kelompok terdapat 10 ekor akan tetai tidak menutup kemungkinan untuk bergabung dengan kelompok lain baik yang lebih besar maupun yang lebih kecil.                   

              Berikut merupakan ciri dari walabi Ukuran tubuh Walabi jantan lebih besar dari betina. Walabi memiliki panjang tubuh sekitar 60-70 cm dan berat kurang lebih 6 kg. Walabi biasanya mencari makan pada siang hari dimana mekanannya yaitu rumput,tunas,daun bahkan ubi. Walabi ini merupakan herbivora. Memiliki ekor yang besar dan kuat. Walabi menggunkan ekor sebagai keseimbangan tubuh saat bergerak. Rata-rata hidup yaitu selama 10 tahun. Keunikan lain yang dimilki oleh Walabi yaitu Walabi memiliki masa kehamilan yang cukup singkat yaitu sekitar 29 hingga 38 hari dan walabi selalu melahirkan satu ekor anak saja yang selalu bergerak ke kantung induknya ketika hendak menyusui.                     

            Akan tetapi Walabi tersebut kini sudah jarang dilihat Karena Walabi banyak diburu yang digunakan untuk kepentingan pribadi atau dijual bahkan di makan.  

About Author
Maharani Febriyanti Sinuraya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2016-05-23
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *