Tragedi Tabrak Lari Ular Di Hunian Manusia

Article
Tragedi Tabrak Lari Ular Di Hunian Manusia
Activity, Animal, Forestry
510
5 December 2021
Uhamka
Author
Ahmad Rizky Mudzakir
6
posting

Dewasa ini, di sekitaran hunian manusia banyak sekali ular yang menghampiri untuk mencari makan maupun berkembang biak. Bahkan sesekali ular ditemukan dalam keadaan mati, mulai dari digetok dengan sengaja sampai terlindas atau tabrak lari. Hehehe, kenapa tabrik lari…ya karena si penabrak ga tanggung jawab dengan ular yang ditabrak. Kita kulik bareng yuk kenapa sih sering terjadi tragedi “Tabrak Lari Ular di Hunian Manusia”

 

Mengapa ular sering menjadi korban tabrak lari?

Pertama, karena habitat mereka dekat dengan hunian manusia, ini menyebabkan pasti adanya aktiftas dari manusia yang tidak sengaja saat berkendara. Terlebih ketika malah hari, aktifitas berkendara membutuhkan cahaya penerangan dan terkadang memang tak terlihat jelas ketika ada satwa yang melintas. Karena pergerakannya yang melata, ini membuat ular sering tidak terlihat jelas, terlebih bagi mereka yang memiliki warna yang kamuflase (sama dengan lingkungannya) maupun ukurannya yang kecil. Seringkali ular yang tertabrak ini adalah ular yang sedang mencari mangsa untuk makan malamnya, karena ada juga beberapa ular yang aktif nokturnal (aktif pada malam hari).

 

Bagaimana cara menghindari tabrak lari ular?

Sejauh ini, kalau aku boleh sharing cara menghindari tabrakan untuk satwa terkhusus ular dengan mengatur posisi lampu kendaraan yang ideal; tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Pasanglah lampu yang terang, hal ini bukan hanya untuk menghindari tabrakan satwa tetapi kenyamanan untuk pengendara juga. Dengan lampu yang terang, kita bisa lebih nyaman melihat jalanan saat berkendara. Lebih peduli dengan sekitar, karena ular ini hewan melata dan kehidupannya tidak melulu di hutan, ular juga hidup berdampingan di hunian manusia.

 

Kepedulian dengan semua satwa liar perlu tertanam pada diri kita. Semua makhluk hidup memiliki peranannya di alam, dan ular berperan sebagai konsumen tingkat 2 untuk pengendalian tikus di alam. Meskipun ular dikenal dengan bisanya, tidak semuanya berbisa dan harus dimusnahkan, adakalnya kita bisa singkirkan saja ke tempat yang aman dan jauh dari hunian manusia. Banyak cara mengetahui ular berbisa atau tidak, salah satunya adalah dengan mengenal jenis – jenis ular dan tetap safety saat penanganannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *