The Secret of Nature

Aktivitas, Flora, Kehutanan, Satwa
The Secret of Nature
13 September 2024
47

Apa yang kalian pikirkan pertama kali ketika dengar kata nature/alam? Alam yang indah? Refreshing? Menenangkan? Dan masih banyak yang lainnya tentunya ? Mari kita cari tahu lebih dalam apa rahasia yang tersimpan di alam

Yap, pertama kali denger kata nature/alam pasti identik dengan gemercik air, suara burung, refreshing, ataupun tempat ciamik buat foto. Tapi ternyata, alam lebih dari itu. Alam menyimpan banyak rahasia. Biodiversitas yang ada di dalamnya menyimpan banyak cerita. Tidak hanya soal refreshing, relaks, suasana sejuk, damai. Kita bisa mendapatkan lebih dari itu dari alam. Kita bisa belajar banyak dari sana !

Tuhan menciptakan alam semesta dan segala isinya begitu detail, indah, dan tertata. Sungguh, Maha Besar. 'The Secret of Nature' kata yang pas untuk menggambarkan nature/alam yang sesungguhnya. Alam menyimpan banyak sekali rahasia. Dari pagi hingga malam, bumi berotasi. Alam dan isinya bekerja. Mari kita menelisik dibalik hutan itu. Di pagi hari, burung-burung berterbangan, Owa jawa di ujung sana berkumandang, kupu-kupu terbang dan istirahat sejenak untuk berjemur. Di siang hari, elang melintas, bersoaring di atas sana. Pohon-pohon nampak berkilau diterpa cahaya matahari. Banyak yang bergelantungan mencari pakan dari pohon satu ke pohon yang lainnya. Hari menjelang malam, burung-burung kembali ke sarang, ngengat nampak aktif, serangga senja berkeliaran kesana kemari. Begitu indah bukan?

Ketika kita melihat lebih detail, alam yang hanya dijadikan sebagai objek wisata bisa lebih dari itu. Kanan kiri, nampak lumut-lumut, jamur, paku, anggrek-anggrek mungil, hingga sebenarnya masih banyak organisme yang tidak bisa kita lihat menggunakan mata kepala kita sendiri. Dari ciptaanNya yang sangat kecil hingga sangat besar ada di alam semesta ini. Ketika masuk ke hutan, serangga-serangga kecil bisa kamu temui namun gajah yang berbadan besarpun juga bisa kamu temui.

Mulai sekarang, mari kita eksplor alam ini, masih banyak yang harus kita ketahui. Objek penelitian di alam semesta ini masih banyak. Tiap detail biodiversitas yang ada di alam masih banyak yang perlu dikaji. Satu objek spesies saja bisa menerbitkan banyak sekali ide penelitian.

Membahas alam dan isinya, memang tiada habisnya. Mari berkelana dan berpetualang untuk mengetahui rahasia-rahasia alam yang belum kita tahu. Ingat, tetap lestarikan alam. Kita manusia, sangat bergantung pada alam. Seluruh isi alam ini berkesinambungan. Seluruh makhluk hidup sudah ada relung/niche nya masing-masing. Menjalankan perannya masing-masing. Kita tidak boleh egois, satwa liar yang ada di alam biarlah mereka hidup bebas disana, itu rumah mereka. Tumbuhan-tumbuhan cantik disana, mereka membantu kita, sebagai paru-paru dunia. Biarkan mereka disana.

Karena sejatinya, dari alam, untuk alam, dan kembali ke alam.

#konservasi, #nature, biodiversitas, biodiversity
Tentang Penulis
inasmazinatul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2024-09-14
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *