Tebet Park Biodiversity Survey in Pandemic

Artikel
Tebet Park Biodiversity Survey in Pandemic
Aktivitas
54
2 Januari 2021
Biologi Konservasi
Penulis
Kevin Triandhika
1
posting

Taman Tebet merupakan taman di salah satu daerah Jakarta Selatan – DKI Jakarta. Untuk sampai di taman ini, teman teman bisa menggunakan commuter line terlebih dahulu yang kemudian harus nyambung kendaraan lagi seperti gojeg/grab karena daerah ini jarang angkutan umum yang lewat.

Sabtu, 28 November 2020 Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI bersama Komunitas Ayo ke Taman dan teman-teman dari Biological Bird Club “Ardea”  ikut serta dalam Jakarta Biodiversity Survey in Pandemic. Banyak pengunjung melakukan berbagai aktivitas di taman tersebut salah satu nya berolahraga ringan bersama teman atau bersama keluarga walaupun sedang dalam proses renovasi. Dan tidak lupa pengamatan kali ini kami mengikuti prokotol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan selalu berjaga jarak agar tidak berkerumun.

Cuaca kala itu sedikit mendung, tetapi kami tetap mengamati biodiversitas di Taman Tebet. Pengamatan kami mulai pukul 07.00 s.d. 10.00. Setiap satwa yang kami temukan akan dicatat dan difoto sebagai dokumentasi. Berdasarkan hasil pengmatan saya, di dapat enam jenis Kupu-kupu di Taman Tebet dan selama pengamatan kami tidak menemukan satu pun Capung. Banyak jenis dari Kupu-kupu yang kami dapat lebih banyak terbang sehingga cukup sulit untuk mengetahui dan mengidentifkasi jenis kupu-kupu. Tidak terlihat nya capung di taman ini mungkin dikarenakan sungai yang berada di dalam taman tidak terlalu bersih, karena capung merupakan salah satu bio-indikator keberadaan air bersih.

Pengamatan kali ini cukup membuktikan, bahwa di kota besar seperti di jakarta, walaupun banyak gedung pecakar langit dan kendaraan berlalu-lalang, masih menyimpan keanekaragaman yang indah khusus nya kupu-kupu.

 

Salam lestari.

Salam konservasi

1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *