Sumber Energi Terbarukan

Artikel
Sumber Energi Terbarukan
Lain-lain
2030
16 Agustus 2014
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Media massa ramai memberitakan krisis bahan bakar di Indonesia. Harga BBM dan LPG lagi-lagi menjadi bahan perdebatan bagi beberapa kalangan. BBM dan LPG adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Penggunaannya harus digunakan secara efisien dan teratur. Meski begitu ada sumber energi yang dapat diperbarui yang dapat menambah atau menggantikan sumber energi yang tidak dapat diperbarui.

  • Biomass conversion
    Bahan organik dari makhluk hidup bisa dimanfaatkan menjadi energi. Bahan seperti kayu, limbah pertanian, sampah hasil panen, dan limbah  peternakan bisa dimanfaatkan agar tidak terbuang sia-sia. Bioetanol adalah salah satu biomass conversion yang sudah banyak dikembangkan.
  • Hydroelectric power
    Memanfaatkan aliran air dari tempat tinggi ke rendah.  Hal tersebut akan menyalurkan energi untuk membangkitkan generator dan menghasilkan tenaga listrik. Saat ini pembangkit listrik tenaga air diproduksi sekitar 2.5% pada perdagangan energi di dunia. Canada adalah salah satu negara yang memproduksi energi listrik dari tenaga air, pada tahun 1992 Canada menempati urutan pertama lalu disusul United States, Former USSR, Brazil, dan China.
  • Tidal power
    Aliran air juga bisa dimanfaatkan dengan cara yang lain, pergerakan pasang surut air juga mampu menghasilkan energi listrik

Gapura memasuki area geothermal Kamojang, Kabuoaten Bandung. (foto: http://youtocom.blogspot.com/)

  • Geothermal power
    Tenaga panas bumi mampu menghasilkan energi listrik juga. Kawah Kamojang adalah bukti bahwa Indonesia sudah memanfaatkan potensi panas bumi ini sebagai sumber energi alternatif.
  • Wind Power
    Pembangkit energi tenaga angin berkembang pesat pada era 1990. California mampu menghasilkan 300 megawatts tenaga listrik dari 13600 turbin angin. Meskipun begitu, baling –baling angin memberikan efek negatif karena berbahaya bagi populasi burung.
  • Solar energi
    Indonesia hampir sepanjang tahun disinari oleh matahari. Potensi ini akan menjadi sumber energi alternatif bila mampu dimanfaatkan.
0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *