Rawa Jombor sebagai Habitat Burung Air di Wilayah Klaten

Rawa Jombor sebagai Habitat Burung Air di Wilayah Klaten
18 January 2016
2230

Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan tempat untuk hidup, tak terkecuali burung. Burung menempati berbagai macam tipe habitat seperti hutan dataran tinggi, laut, gurun, lahan basah, dan lain-lain. Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi di Pulau Jawa mempunyai beberapa tipe habitat burung seperti yang sudah dituliskan sebelumnya kecuali gurun. Salah satu habitat burung yang ada di Provinsi Jawa Tengah adalah lahan basah yang berupa rawa. Jawa Tengah mempunyai beberapa rawa, salah satunya adalah Rawa Jombor di kabupaten Klaten.

Rawa Jombor Klaten adalah nama untuk menyebut waduk dan area persawahan sekitarnya yang ada didaerah Klaten Selatan. Akan tetapi, meskipun waduk, sebenarnya dulu Rawa Jombor memang merupakan lahan basah rawa, tak heran masyarakat sekitar menyebutnya Rawa Jombor.

Rawa Jombor dapat dikatakan memegang peranan penting sebagai habitat burung air di wilayah Klaten. Area perairannya yang sebagian besar ditutupi oleh tumbuhan Enceng gondok (Eichornia crassipes) dapat digunakan burung sebagai tempat mencari makan hingga berkembang biak. 

Burung-burung di kawasan Rowo Jombor bermacam-macam jenis. Dalam kegiatan Asian Waterbird Cencus 2016, tim KPB (Kelompok Pengamat Burung) Bionic UNY berhasil mendata 17 jenis burung yang ada di kawasan Rawa Jombor. 17 jenis burung yang berhasil didata adalah blekok sawah (Ardeola speciosa), bambangan merah (Ixobrychus cinnamomeus), tikusan alis putih (Porzana cinerea), burung-sepatu teratai (Hydrophasianus chirurgus), bambangan kuning (Ixobrychus sinensis), mandar batu (Gallinula chloropus), kareo padi (Amaurornis phoenicurus), raja-udang biru (Alcedo coerulescens), belibis kembang (Dendrocygna arcuata), bondol jawa (Lonchura leucogastroides), layang-layang asia (Hirundo rustica), cekakak sungai (Halcyon chloris), cabai jawa (Dicaeum trochileum), kerak basi (Acrocephalus sp.), cici padi (Cisticola juncidis), bondol peking (Lonchura punctulata), dan walet linchi (Collocalia linchi).

Melihat jenis burung yang cukup banyak, alangkah baiknya jika masyarakat sekitar Rawa Jombor menjaga kondisi rawa tetap asri.

About Author
Rahmadiyono Widodo
Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related
Article
No items found
2022-01-17
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *