Program ekosistem yang akan kami lakukan

Artikel
Program ekosistem yang akan kami lakukan
Aktivitas, Flora
276
25 September 2021
Penangkaran Anggrek Spesies Kalimantan
Penulis
hpurwito
2
posting

Masih adanya kegiatan alih fungsi lahan / hutan untuk kebun kelapa sawit, hti, pertambangan batubara merupakan salah satu kobtribusi nyata terancamnya kepunahan kekayaan keanekaragaman hayati berupa tanaman endemik Kalimantan berupa anggrek spesies.

Kondisi ini diperparah dengan tidak adanya regulasi untuk menyelamatkan endimik tanaman lokal tersebut untuk diselamatkan. Sehingga tanggung jawab moral para pelaku baik atas kegiatan yang legal maupun yang ilegal tidak merasa bertanggung jawab. Prinsipnya kami ingin berbuat, sehingga dukung kami dengan memfasilasinya, longgarkan regulasinya dan dorong terus kegiatan kelompok kami serta upayakan agar alam tetap lestari.

Dengan upaya penyelamatan jenis anggrek spesies yang terganggu di habitatnya, setidaknya upaya ini memiliki nilai positif. Kami akan melangkah dengan upaya mengumpulkan, mengidentifikasi dan membudidayakan kembali angrek-anggrek tersebut dengan sistem budidaya secara alami dan jultur jaringan.

Bila sistem penangkaran yang kami lakukan berhasil, maka apabila habitat asli di tempatnya mulai berkurang kami dapat memberikan program sedekah alam dengan mengembalikan anggrek spesies tersebut ke alam.

Selain itu dengan teknik percepatan budidaya, dampak sosial ekonomi dari hasil kegiatan dapat dijadikan program pemberdayaan masyar as kat lokal untuk tujuan komersil untu menambah penghasilan mereka, membuka lapangan kerja baru, mendukung rencana program perintisan Kampoeng Wisata Sawah. Sehingga destinasi ini bisa membuat nilai tamb as h bahk as n jadi ikon desa. Dengan dukungan akademisi, instansi terkait dan donatur yang turut mendukung program akan dapat merasakan nilai-nilai keadilan yang luhur dan kontribusi kita terhadap alam secara bijak dan lestari.

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *