Peranan Burung Bagi Manusia dan Ekosistem

Article
Peranan Burung Bagi Manusia dan Ekosistem
Animal
4890
28 July 2017
Universitas Sumatera Utara
Author
David Pasaribu
170
posting

Burung dan Ekosistemnya

Burung jelas anggota penting dari banyak ekosistem. Mereka adalah bagian integral dari rantai makanan dan jaring makanan. Dalam ekosistem hutan misalnya, beberapa burung mengambil makanan terutama dari tanaman. Lainnya terutama memakan hewan kecil seperti serangga atau cacing tanah. Burung dan telur burung, pada gilirannya, berfungsi sebagai makanan bagi hewan seperti rubah, musang, dan ular. Hubungan antara makan semua hewan dalam ekosistem membantu mencegah satu spesies menjadi terlalu banyak. Burung memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan alam ini. Selain menjadi bagian penting dari jaring makanan, burung memainkan peran lain dalam ekosistem.

  • Burung pemakan serangga. Mereka adalah cara alami untuk mengendalikan hama di kebun, di ladang, dan tempat-tempat lain. Sekelompok burung meluncur melalui udara bisa dengan mudah makan ratusan serangga setiap hari. Burung yang memakan serangga termasuk warblers, Blue Birds dan pelatuk.
  • Burung ikut berperan dalam penyerbukan bunga, itu karena mereka dapat memindahkan serbuk sari dari satu bunga ke bunga yang lain untuk membantu menyuburkan sel kelamin dan menciptakan tanaman baru. Kolibri, sunbirds, dan burung pemakan madu adalah penyerbuk yang paling umum.
  • Banyak burung pemakan buah membantu menyebarkan biji. Setelah makan buah, mereka membawa benih dalam usus mereka dan menyimpan mereka di tempat-tempat baru. Burung pemakan buah termasuk mockingbird, kepodang, kutilang dan robin.
  • Burung sering penting bagi pulau ekologi. Di Selandia Baru, Kereru dan Kokako adalah peramban penting, atau hewan yang makan atau menggigit pada daun, tunas muda lembut, atau vegetasi lainnya (Gambar di bawah). Burung laut menambah nutrisi ke tanah dan air dengan produksi mereka guano, kotoran mereka.

 

sumber : http://www.sridianti.com/peranan-burung-bagi-manusia-dan-ekosistem.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *