Penyu hijau

Satwa
Penyu hijau
22 April 2016
3154

Sahabat Warriors, mari berkenalan dengan penyu hijau endemik Indonesia ini!

Klasifikasi ilmiah penyu hijau
Kerajaan: Animalia, Filum: Chordata, Kelas: Reptilia, Ordo: Testudines, Sub-ordo: Cryptodira, Famili: Cheloniidae, Genus: Chelonia, Species: Chelonia mydas

Penyu hijau yang memiliki nama latin Chelonia mydas ini adalah salah satu penyu laut berukuran besar di dunia yang biasa terdapat di perairan dangkal laut tropis dan subtropis. Penyu hijau banyak terdapat di perairan Indonesia. Penyu ini diberi nama penyu hijau karena warnanya yang kehijauan, sedangkan cangkangnya biasanya berwarna cokelat hitam gelap. Penyu hijau memiliki kepala yang kecil dan tidak dapat ditarik masuk ke dalam cangkang. Penyu hijau jantan sedikit lebih besar dari penyu hijau betina dan penyu hijau jantan juga memiliki ekor yang lebih panjang dari penyu hijau betina.

Makanan: Berbeda dengan kebanyakan penyu laut, penyu hijau merupakan hewan herbivora/pemakan tumbuhan yang memakan rerumputan laut dan alga/ganggang laut. Namun penyu hijau yang masih kecil biasanya memakan invertebrata seperti kepiting, ubur-ubur, lamun laut dan spon laut.

Namun, populasi penyu hijau makin lama makin berkurang. Penyu hijau termasuk satwa yang dilindungi sehingga tidak boleh ditangkap atau dibunuh. Penyu hijau terdaftar sebagai spesies fauna yang terancam punah. 

Kenapa penyu hijau terancam punah?

Hilang dan rusaknya habitat. Pembangunan yang tidak terkendali menyebabkan rusaknya pantai-pantai yang penting bagi penyu hijau untuk bertelur. Demikian juga habitat tempat penyu hijau mencari makan seperti terumbu karang dan hamparan lamun laut terus mengalami kerusakan akibat sedimentasi atau pun pengrusakan oleh manusia.

Pengambilan secara langsung. Para peneliti memperkirakan setiap tahun lebih dari 50.000 penyu laut dibunuh di kawasan Asia Tenggara (khususnya di Bali, Indonesia) dan di Pasifik Selatan. Penyu hijau pun banyak diburu untuk diambil dagingnya. Telur penyu ini juga banyak diminati untuk dikonsumsi. 

Pengambilan secara tidak langsung. Setiap tahun, ribuan penyu hijau terperangkap dalam jaring penangkap. Penyu laut merupakan reptile dan mereka bernafas dengan paru-paru, sehingga saat mereka gagal untuk mencapai permukaan laut mereka mati karena tenggelam.

Sahabat Warriors! Ayo menjaga habitat penyu hijau dan melestarikannya agar tetap lestari.

 

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan