Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga

Artikel
Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga
Lain-lain
2943
19 Juni 2015
Penulis
Syamsul Anwar Maulana
47
posting

Limbah rumah tangga adalah limbah yang berasal dari dapur, kamar mandi, cucian, limbah bekas industri rumah tangga dan kotoranmanusia.Limbah merupakan buangan/bekas yang berbentuk cair, gas dan padat. Dalam air limbah terdapat bahan kimia sukar untuk dihilangkan dan berbahaya. Bahan kimia tersebut dapat memberi kehidupan bagi kuman-kuman penyebab penyakit disentri, tipus, kolera dsb. Air limbah tersebut harus diolah agar tidak mencemari dan tidak membahayakan kesehatan lingkungan.

Sistem pengolahan limbah (sewerage system) adalah infrastruktur yang dibangun khusus untuk menangani, menyalurkan, dan mengolah limbah atau limpahan air hujan agar dapat dikembalikan dan diterima oleh lingkungan sehingga tidak membahayakan (relatif aman). Salah satunya sistem sanita yaitu sebuah siklus yang mengolah tinja dan urine manusia sebagai sumber daya, tinja berproses sampai terbebas dari mikroba patogenik, tinja yang telah tersanitasi disiklus ulang untuk keperluan pertanian (pemulihan dan penggunaan kembali nutrisi). Manfaat Mengendalikan Limbah cair agar tidak mencemari badan air atau lingkungan Memperbaiki kualitas air tanah, air permukaan Kesuburan tanah dengan pengolahan sistem ekosan (Ekologi Sanitasi) Salah satu cara untuk menanggulangi sistem pembuangan limbah rumah tangga adalah dengan cara menggunakan septic tank yang memberikan sistem pembuangan limbah rumah tangga secara higienis, sehat dan tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Teknologi ini sudah banyak di kembangkan di indonesia.

Selain sistem diatas, adapula instalasi pengolahan limbah rumah tangga tangki septic bermedia kontak (Biority). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman menemukan sistem tangki septik bermedia kontak yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan mempercepat pembangunan perumahan karena mampu diproduksi secara masal. Inti dari sistem tanki septik tersebut terletak pada media kontak technocell yang bermanfaat bagi mikroorganisme untuk tumbuh dan berkembang. Sistem ini memiliki kemampuan untuk mengolah air limbah rumah tangga dengan mereduksi COD, BOD, dan TSS sampai 75%. Sistem ini dipabrikasi dan dipasarkan oleh PT Tribina Semesta Technology Jakarta dengan nama Biority®

Sumber gambar: http://puskim.pu.go.id/wp-content/uploads/photo-gallery/Biority/Backup_of_biority-OK_puskim.pu.go.id.jpg

Biority® singkatan dari Biologicaly Purity Dimana merupakan Tangki Instalasi Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga dengan memanfaatkan mikroorganisma yang dapat mereduksi volume lumpur tinja. Tangki Biority dilengkapi dengan technocell sebagai media kontak untuk tempat berkembang biaknya mikroorganisma dan mempercepat sedimentasi partikel lumpur. Tangki Biority merupakan hasil inovasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman- Badan Litbang Dept.PU. dan diproduksi serta dipasarkan oleh Tribina Group – Jakarta.

Pengolahan air limbah rumah tangga melalui Tangki Biority adalah salah satu cara untuk menjaga kualitas lingkungan dengan menurunkan tingkat pencemaran hingga sesuai dengan persyaratan yang ditentukan berdasarkan KEPMENLH No. 112 tahun 2003 tentang baku mutu air limbah domestik. Tangki Biority dapat dipergunakan untuk pengolahan air limbah rumah tangga dari permukiman/tempat tinggal, ruko, atau hotel dll secara komunal ataupun individual.

Keunggulan dari Biority :

1. Tanpa memerlukan resapan dan ramah lingkungan

2. Pemasangan mudah dan cepat

3. Hemat ruang

4. Material yang tahan korosi

5. Air buangan yang dapat langsung dialirkan ke drainase umum

Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pengolahan_limbah

http://warintek.bantulkab.go.id/web.php?mod=basisdata&kat=1&sub=5&file=79

http://www.kompasiana.com/anthonyagus/pengen-tahu-cara-mengolah-limbah-rumah-tangga_54f96cdea33311d7588b45c4

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *