penghuni lahan basah

Article
penghuni lahan basah
230
12 May 2022
UNMUL/MAPFLOFA
Author
gresyamunda
18
posting

Bangau Tongtong (Leptoptilos javanicus) merupakan spesies burung dari famili Ciconiidae yang tersebar luas mulai dari India Timur mencapai pulau Jawa.

Tingginya kurang lebih 110-120 cm, berat 5 kg dan rentang sayap 210 cm. Spesies ini yaitu yang terkecil dalam genus Leptoptilos. Anggota atas tubuhnya dan sayapnya berwarna hitam, namun perut, kalung leher dan anggota bawah ekor berwarna putih. Kepala dan lehernya botak, dengan bulu kapas putih halus pada mahkota Paruhnya berwarna pucat, panjang, dan tebal. Burung muda warnanya bertambah kusam daripada burung dewas.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Ciconiiformes
Famili: Ciconiidae
Genus: Leptoptilos
Spesies: L. javanicus

Habitat dari burung Bangau tongtong (Leptoptilos javanicus) hidup berpasangan, daerah hidupnya di daerah perairan atau dekat dengan air, seperti daerah rawa-rawa, tambak, persawahan dan dekat pantai.

Daerah penyebaran bangau tongtong meliputi India bagian Timur Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Vietnam, Malaysia, Laos, Singapore, Indonesia dan Cambodia. Populasi paling banyak ditemukan di India, tepaynya di sebelah Timur Assam, Bengal Barat dan Bihar. Namun mereka sangat langka di wilayah India bagian Selatan.

Sarang burung bangau tongtong terbilang cukup besar dengan diameter mencapai lebih dari 1 meter dengan ketebalan mencapai 1 meter juga. Biasanya spesies ini akan bertelur sekitar 3 hingga 4 butir sebelum dierami. Spesies ini terkenal tenang, tetapi ketika berada di sarang mereka sering kali membuat suara-suara seperti mencicitkan paruhnya, mendesis atau mengerang.

sumber: https://p2k.unkris.ac.id/en1/3073-2962/Bangau-Tongtong_96150_Portal:Geografi_p2k-unkris.html

https://www.faunadanflora.com/mengenal-lebih-dekat-dengan-bangau-tongtong/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *