pemanfaatan air bagi kehidupan

Kelautan
pemanfaatan air bagi kehidupan
30 Maret 2020
1140

air merupakan kebutuhan utama bagi manusia. Hampir semua kebutuhan manusia membutuhkan yang namanya air. Jika kita lihat selama ini konsumsi terhadap air tiap tahunnya meningkat meskipun air yang ada di bumi tidak berkurang. Namun, jika ditelaah lebih dalam sumber-sumber mata air sudah banyak yang tercemar. Ditambah lagi pemanfaatan air tanah secara terus menerus akan mengakibatkan turunnya permukaan tanah.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan pemanfaatan air. Gunakan air dengan seperlunya. Efisiensi pemanfaatan air sangat penting dilakukan di lingkungan kampus. Penghematan air dilakukan dengan memanfaatkan kembali air yang telah digunakan dengan menggunakan teknologi resirkulasi air. Sisa air yang telah digunakan dari kamar mandi, dapur, dan lain-lain, ditampung kembali dalam kolam penjernihan terpadu, yang kemudian dapat dimanfaatkan kembali. Di samping itu, lahan yang ada juga dapat dimanfaatkan  sebagai sumur resapan ataupun biopori untuk menampung air hujan yang jatuh agar tidak sia-sia mengalir sebagai air permukaan dan terbuang ke laut. Air merupakan salah satu sumberdaya alam yang memiliki fungsi sangat penting bagi hidup dan kehidupan seluruh makhluk hidup, termasuk manusia. Air adalah asal muasal dari segala macam bentuk kehidupan di bumi ini. Tanpa air, berbagai proses kehidupan tidak dapat berlangsung, sehingga penyediaan air baku untuk kebutuhan domestik, irigasi dan industri menjadi menjadi perhatian dan prioritas utama. Karena itulah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mendeklarasikan bahwa air merupakan hak azasi manusia; artinya, setiap manusia di muka bumi ini mempunyai hak dasar yang sama terhadap pemakaian air. Di Indonesia, hak masyarakat terhadap penggunaan air dijamin melalui Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 19454, dan Undang- Undang No. 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air.
Penggunaan air memiliki empat zona pemanfaatan sumber air dan peuntukan air pada sumber air. Pertama, zona pemanfaatan sumber air adalah ruang pada sumber air yang dialokasikan baik sebagai fungsi lindung maupun fungsi budidaya, misalnya pembagian ruang pada suatu waduk, danau atau sungai dengan kedalaman berbagai zona pemanfaatan, seperti yang dialokasikan untuk budidaya perikanan, penambangan, bahan galian golongan C, transportasi air, serta ruang untuk pelestarian komponen lingkungan yang unik atau pelestarian cagar budaya. Penentuan zona pemanfaatan sumber daya air merupakan salah satu acuan dalam penyusunan atau perubahan rencana tata ruang wilayah dan rencana pengelolaan sumber daya air untuk mendapatkan sumber air secara berkelanjutan. Kedua, penentapan peruntukan air pada sumber air adalah pengelompokan penggunaan air yang terdapat pada sumber air kedalaman beberapa golongan penggunaan termasuk baku mutunya, misalnya untuk rumah tangga, pertanian dan insdustri.
Ketiga, Penyediaan sumber daya air yang dimanfatkan untuk berbagai keperluan sesuai dengan kualitas dan kuantitasnya. Penyediaan sumber daya air utuk setiap wilayah sungai dilaksanakan sesuai dengan penataguaan sumber daya air yang ditetapkan unuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, sanitasi lingkungan dan pertanian, insdustri dan jenis penggunaan lainnya. Keempat, penggunaan sumber daya air dimaksudkan untuk memanfaatkan sumber daya air dan prasarananya, seperti pemanfaatan sungai sebagai trasportasi air, maupun pemanfaatan air untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian dan industri.
Kebutuhan air bagi kehidupan membuat manusia harus paham akan berapa besar air yang digunakan agar tidak mengakibatkan kekeringan maupun pencemaran. Penggunaan air yang berlebihan akan menyebabkan berbagai masalah bagi kehidupan manusia maupun lingkungan. Pemanfaatan air bagi kehidupan mulai dari kebutuhan tubuh hingga kebutuhan industri.
Air memiliki peran penting dalam kehidupan terutama bagi kehidupan manusia. Air merupakan komposisi utama dalam tubuh. Jumlah kadar air yang terkandung dalam tubuh sekitar 50 – 80%, tergantung pada usia. Tubuh anak-anak, volume air dalam tubuhnya mencapai 65 – 80% dari berat badan. Angka ini akan menurun seiring pertumbuhan anak, yakni mencapai 55 – 60% saat remaja. Lantas, karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan, maka tubuh sangat membutuhkan asupan cairan yang mencukupi. Asupan cairan ini didapatkan dari air minum dan makanan yang mengandung cairan. Kurangnya asupan cairan dalam tubuh bisa mengakibatkan menurunnya konsentrasi seseorang.Oleh karena itu, manusia harus mendapatkan asupan cairan yang cukup dengan meminum air bersih setidaknya 1.5-2 liter per hari, tergantung berat badan.
Fungsi air juga merupakan zat yang sangat dibutuhan selain udara dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Selain itu, air juga dipergunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan membersihkan kotoran yang ada di sekitar rumah. Air juga digunakan untuk keperluan industri, pertanian, pemadam kebakaran, tempat rekreasi, transportasi, dan lain-lain. Akan tetapi, air bisa menjadi petaka jika kita tidak bisa merawat sumbernya. Air bisa menjadi perantara penyakit-penyakit yang menyerang manusia. Oleh karena itu, untuk merasakan manfaat air bagi kehidupan khususnya bagi kesehatan tubuh.
Keberadaan manfaat air bagi kesehatan tubuh sangat penting dimana air adalah sumber kehidupan. Kemampuan air bisa memperbaiki daya tahan tubuh karena air dapat menaikkan simpanan glycogen, suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan digunakan sebagai energi saat kita sedang beraktifitas atau pun bekerja. Air juga membantu memiliki fungsi untuk menahan rasa lapar. Sewaktu kita mengalami dehidrasi kita akan berpikir kalau kita sedang lapar dan mungkin merasa ingin makan padahal yang kita butuhkan sebenarnya adalah air.
Sebagai catatan banyak ahli kesehatan merekomendasikan air sebagai ekspektoran yang efektif untuk mengurangi batuk. Selain itu, air juga bisa digunakan untuk melembabkan wajah seperti manfaat vitamin E untuk kulit serta bisa mengurangi kerutan pada wajah karena kelembaban wajah selalu terjaga. Dengan minum air, kita bisa mengurangi rasa sakit kepala dan migran yang disebabkan oleh dehidrasi. Oleh sebab itu, konsumsilah air yang cukup agar kita bisa merasakan manfaat air yang sesungguhnya.
Adapun manfaat dari air putih bagi tubuh manusia sendiri adalah memperlancar sistem pencernaan dengan mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi. Perawatan kecantikan bila anda kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8-10 gelas sehari.
Air juga dapat berfungsi untuk kesuburan meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Menurut basil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak. Menyehatkan jantung Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran napas, usus, dap penyakit kewanitaan, dll. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.
Air juga berfungsi sebagai obat stroke air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.
Kandungan ion terutama kalori, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit. Efek relaksasi contohnya seperti berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan. Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37o C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam.
Menguruskan badan air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.
Pemanfaatan air bukan hanya untuk tubuh manusia tetapi air dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan hidup seperti berbagai kegiatan rumah tangga. Kegiatan pemanfaatan air dilakukan untuk menunjang kehidupan manusia agar terindar dari penyakit dan sebagai kebutuhan. Selain itu, pemanfaatan air dapat dilakukan untuk proses irigasi. Indonesia merupakan negara agraris yang dimana mayoritas pekerjaan manyarakat nya adalah bertani dan berkebun. Kegiatan irigasi adalah suatu proses pengaliran air kelahan pertanian. Secara garis besar, tujuan irigasi dapat digolongkan menjadi 2 (dua) golongan, yaitu : Tujuan Langsung, yaitu irigasi mempunyai tujuan untuk membasahi tanah berkaitan dengan kapasitas kandungan air dan udara dalam tanah sehingga dapat dicapai suatu kondisi yang sesuai dengan kebutuhan untuk pertumbuhan tanaman yang ada di tanah tersebut. Tujuan Tidak Langsung, yaitu irigasi mempunyai tujuan yang meliputi : mengatur suhu dari tanah, mencuci tanah yang mengandung racun, mengangkut bahan pupuk dengan melalui aliran air yang ada, menaikkan muka air tanah, meningkatkan elevasi suatu daerah dengan cara mengalirkan air dan mengendapkan. Pemanfaatan air pada sektor pertanian dapat meningkatkan Produksi pangan dan menyebabkan produksi pangan memiliki kualitas yang bagus. Salah satu kendala yang pada sektor pertanian adalah perubahan iklim.
Perubahan iklim adalah salah satu ancaman bagi sektor pertanian dan berpotensi mendatangkan masalah baru bagi berkelanjutan produksi pangandan sistem produksi pertanian pada umumnya. Tiga faktor perubahan iklim yang berdampak bagi sektor pertanian adalah perubahan pola hujan, meningkatnya kejadian iklim yang ekstrim (banjir dan kekeringan), peningkatkan suhu udara dan permukaan air laut. Perubahan pola huja dapat menyebabkan menurunnya ketersediaan air pada sumber mata air luntuk proses pengaliran ke lahan pertanian atau bisa disebut juga dengan irigasi. Peningkatan suhu menyebabkan menurunya produktivitas tanaman pangan, meningkatnya konsumsi air, mempercepat pematangan biji, dan menurunkan mutu hasil, serta mendorong perkembangan hama penyakit pada tanaman. Sedangkan dampak dari kenaikan permukaan air laut dapat mengakibatkan kerusakan pada infrastuktur pertanian, dan peningkatan sanilitas yang merusak tanaman. berbagai masalah akibat perubahan iklim dapat dilakukan berbagai upaya yaitu dengan teknologi irigasi berserang dan teknologi panen hujan. Upaya tersebut dapat menanggulangi masalah dari perubahan iklim pada sektor pertanian

Tentang Penulis
fadhlu rahman
sekolah vokasi ipb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2020-03-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *