Paus Pilot : Sosial dan Nomaden

Kelautan, Satwa
Paus Pilot : Sosial dan Nomaden
30 September 2024
1178

Paus pilot, yang dikenal dengan nama ilmiah Globicephala macrorhynchus, terdiri dari dua jenis berdasarkan panjang siripnya: paus pilot sirip pendek (short-finned pilot whale) dan paus pilot sirip panjang (long-finned pilot whale). Hewan yang dikenal sebagai paus pilot termasuk kedalam keluarga lumba-lumba besar yang mempunyai gigi kecil dan ramping, dahi bulat dan menonjol, sirip ramping dan runcing. beratnya mencapai 1.300 kg untuk betina dan 2.300 kg untuk jantan. Dinamakan paus pilot karena berasal dari kepercayaan di masa lalu bahwa kelompok mamalia laut dipimpin oleh seorang pilot atau pemimpin.

Paus ini hidup dalam kelompok yang biasanya terdiri dari 15 hingga 30 individu yang saling berkerabat. Menariknya, anggota kelompok akan mengikuti pemimpin mereka ke mana pun pergi, paus pilot juga dikenal sebagai hewan spesies yang umum terdampar massal. Sehingga jika satu paus terdampar, kemungkinan besar akan ada banyak paus lain yang mengikuti. alasan utama paus pilot sering terdampar, dipercaya karena paus pilot terkena penyakit, virus atau disorientasi geomagnetik. bahkan paus pilot bisa terdampar dalam jumlah besar.

Ciri fisik paus pilot mencakup tanda khas berwarna putih pucat di sekitar belakang mata dan tubuhnya berwarna kehitaman, karena warnanya tersebut paus pilot biasa disebut sebagai ikan hitam. Meskipun tidak ada banyak perbedaan dalam panjang tubuh dan berat antara kedua jenisnya, untuk lebih mengenalnya, bisa dilihat dari ukuran kepala paus pilot karena setiap individu memiliki ukuran yang berbeda tergantung jenis kelamin dan umurnya dan paus dewasa cenderung berukuran lebih besar dari paus betina.

Paus pilot secara umum tidak terancam punah. Namun, mereka sering diburu untuk diambil daging, tulang, dan minyaknya yang ditangkap dengan menakut-nakuti nya terlebih dahulu dan membuat suara di air kemudian paus didorong ke darat untuk dibunuh, dan perburuan ini masih terjadi hingga saat ini. Sedangkan jika di dalam laut, pemangsa paus pilot adalah hiu besar dan bisa terancam juga karena kegiatan manusia seperti tertangkap dalam kegiatan manusia untuk mencari ikan. 

Paus pilot dikenal sebagai hewan nomaden, sering berpindah tempat tinggal. Mereka biasanya ditemukan di area landas kontinen, lereng perairan, dan di tempat dengan relief topografi tinggi serta sumber makanan yang melimpah. Paus pilot sering muncul di permukaan air, hewan ini bisa hidup dalam waktu 45 tahun untuk paus jantan dan 60 tahun untuk paus pilot sirip pendek betina mengalami menopause sehingga paus betina dalam sebagian besar hidupnya dilakukan dengan berkembangbiak sepanjang tahun. Paus pilot juga dapat dipelihara di aquarium yang mana mereka dilatih untuk memberikan penampilan dengan makanan utamanya adalah cumi-cumi, gurita dan bahkan memakan ikan yang ada di laut.

 

References

Ashari, A. (2021, February 21). Paus Pilot Sebenarnya Bukan Termasuk Paus, Ini Fakta Paus Pilot yang Berenang secara Berkelompok - Semua Halaman - Bobo. Bobo.ID. Retrieved September 30, 2024, from https://bobo.grid.id/read/082567716/paus-pilot-sebenarnya-bukan-termasuk-paus-ini-fakta-paus-pilot-yang-berenang-secara-berkelompok?page=all

Mead, J. G. (2024, September 26). Pilot whale | Habitat, Size, & Facts. Britannica. Retrieved September 30, 2024, from https://www.britannica.com/animal/pilot-whale

Sari, R. A. (2021, Februari 19). Lebih Kenal Dengan Paus Pilot, Paus Pemimpin di Kelompoknya. Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. https://fpk.unair.ac.id/lebih-kenal-dengan-paus-pilot-paus-pemimpin-di-kelompoknya/

#pauspilot, #satwadilindungi, fauna
Tentang Penulis
Wahyuning Suci Prabandini
Ilmu Komunikasi

Tinggalkan Balasan

2024-09-30
Difference:

Tinggalkan Balasan