Nudibranchia Moluska Laut Berwarna-warni

Nudibranchia Moluska Laut Berwarna-warni
31 Oktober 2014
2927

Nudibranch, hewan laut ini seperti lukisan warna-warni dengan bentuk yang eksentrik dan menakjubkan. Gastropoda laut ini memiliki tubuh lunak tanpa cangkang atau telanjang, karena itu hewan ini diberi nama ilmiah Nudibranchia. Nudi artinya telanjang, lalu "branch" yang artinya insang.

Setidaknya diketahui ada 3000 jenis spesies nudibranch di seluruh dunia, kelompok ini didominasi oleh jenis yang berwarna-warni. Warna-warni pada nudibranch sebenarnya hasil dari evolusi setelah kehilangan cangkangnya. Hewan moluska ini mengembangkan mekanisme pertahanan diri alternatif.

Nudibranch

 

Beberapa spesies berevolusi pada anatomi eksternal dengan menunjukan tekstur dan warna untuk meniru lingkungan sekitarnya (seperti temumbu karang atau pasir) untuk menghindari predator atau disebut kamuflase. Nudibranch lain, seperti yang terlihat mencolok terutama pada chromodorids (kelompok yang berwarna-warni), memiliki pola warna sangat terang dan kontras yang membuat mereka sangat mencolok di lingkungan mereka. Warna tersebut tidak disenangi predator, selain itu beberapa siput berwarna juga mampu mensekresikan racun.

[national geographicwikipedia ]

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *