Mengintip Satwa Liar di Way Kambas

Mengintip Satwa Liar di Way Kambas
13 Oktober 2015
1896

Pernah melihat monyet di kebun binatang? Atau memotret burung di sangkar? Tentu berbeda rasanya dengan mengintip mereka di alam bebas.

Keanekaragaman hayati TN Way Kambas menawarkan pengalaman hebat. Setidaknya ada sekitar 300 jenis burung yang terdata, 5 mamalia besar khas hidup di Way Kambas.

Diantara ratusan jenis burung di Way Kambas, terdapat satu jenis burung yang menjadi fauna identitas Lampung Timur. Fauna tersebut adalah Mentok Rimba, hewan sejenis bebek berbulu eksotik.

Salah satu keunikan dari mentok rimba adalah memiliki motif bulu yang eksotik. Kini mentok rimba hanya tersisa sekitar 150 individu saja di Indonesia, statusnya sudah sangat terancam.

Tidak hanya mentok rimba, terdapat juga beberapa burung lain seperti rangkong, cipoh jantung, kuau raja, dan srigunting sumatera. Hal tersebut menjadikan Taman Nasional Way Kambas seperti surga bagi para birdwatcher.

Selain burung, jika "beruntung" kita bisa melihat beberapa mamalia besar yang hidup di sana. Mamalia besar khas yang hidup di Way Kambas diantaranya adalah tapir asia, badak suamtera, gajah sumatera, beruang, dan wau-wau (owa sumatera).

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *