SUAKA ELANG SARANG PARA TOP PREDATOR

Artikel
SUAKA ELANG SARANG PARA TOP PREDATOR
Lain-lain
2892
17 Juni 2014
Penulis
Gusti Wicaksono
62
posting

Suaka Elang merupakan tempat rehabilitasi dan pelepasliaran elang yang terletak di Resort Salak I Taman Nasional Gunung Halimun-Salak . Elang yang masuk dalam proses rehabilitasi diajarkan untuk dapat berburu, bersosialisasi, berprilaku alami layaknya elang liar. Saat ini disuaka elang terdapat beberapa jenis-jenis elang yang sedang di rehabilitasi antara lain elang ular bido (Spilornis cheela), elang hitam (Ictinaetus malayensis), bahkan elang yang menjadi  lambang negara kita yaitu elang jawa (Nisaetus bartelsi).

Tidak hanya itu di suaka elang juga masih sangat mudah dijumpai jenis-jenis elang pegunungan yang aktif mencari makan bahkan bersarang di  Suaka Elang. Jenis elang yang mudah  jumpai di sana antara lain elang hitam dan elang brontok (Nisaetus cirrhatus). Elang brontok juga merupakan salah satu burung elang yang bersarang di tempat tersebut. Setiap tahunnya elang brontok ini aktif menghasilkan telur yang akan menjadi top predator nantinya. Dari hasil pengamatan tim Biological Bird Club (BBC Universitas Nasional)  pada tanggal 15-16 Februari terpantau 3 individu elang brontok dengan 2 individu merupakan invidu dewasa dan 1 individu juvenile dan 1 individu elang hitam yang sedang mencari makan. 

Banyaknya top predator di tempat ini tidak terlepas dari hewan-hewan yang menjadi mangsanya untuk memenuhi kebutuhan energi dan pertumbuhanya, jenis-jenis hewan yang menjadi makan para top predator ini yang mampu di temukan dan teridentifikasi antara lain dari kelas reptile yaitu Aplopeltura boa, Trimeresurus puniceus, Asthenodipsas laevis dan juga dari kelas mamalia yaitu bajing.

 

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *