MENGENAL SUNGAI CIKALUMPANG DI KABUPATEN SERANG, PROVINSI BANTEN DAN PEMANFAATANNYA

Aktivitas
MENGENAL SUNGAI CIKALUMPANG DI KABUPATEN SERANG, PROVINSI BANTEN DAN PEMANFAATANNYA
24 Juli 2023
1013

Sungai Cikalumpang merupakan sungai yang terletak di Desa Kalumpang, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten. Sungai ini terbentuk karena aliran mata air dari endapan Gunung Prakasak dan Gunung Tunggul yang keberadaannya tidak jauh dari Sungai Cikalumpang. Wisata alam yang airnya mengalir ke sungai ini diantaranya Curug (Air Terjun) Cigumawang, Curug Lewi Bumi, Curug Tomo Pandeglang, dan Wisata Alam Lewi Buluh.

Mandi di sungai

Warga memanfaatkan air Sungai Cikalumpang untuk pengairan sawah dan kebun, serta aktifitas lainnya seperti mandi dan mencuci. Selain itu, batu dan pasir sungai ini digunakan untuk bangunan dan jalan. Sungai cikalumpang juga dijadikan sebagai tempat mencari ikan untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari. Masyarakat biasanya menangkap ikan dengan alat pancing, jaring iring, jaring lempar, ancoan dan bubu payung. Berbeda beda alat tangakap ikan, berbeda pula cara pengoprasiannya. Hal yang menarik yaitu penangkapan ikan dengan jaring iring yang dioperasikan pada malam hari, dengan tujuan agar ikan mudah ditangkap karena tidak ada cahaya matahari.

Mencuci di sungai

Memancing ikan untuk konsumsi

Potret warga memanfaatkan sungai untuk mencuci kendaraan

Sungai Cikalumpang dilewati oleh jalan raya penghubung Ciomas - Pantai Anyer dan Pantai Carita. Tidak jauh dari jembatan yang melintasi sungai ini teramati warga memanfaatkan air sungai untuk mencucian motor dan mobil. Namun demikian kondisi Sungai Cikalumpang masih tergolong bagus dan belum tercemar yang terlihat dari hasil pengamatan tim Tirthawatch Untirta biota akuatik yang masih banyak ditemukan di sungai ini.

Tentang Penulis
SAPRUDIN
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2023-07-27
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *