Mengapa Laron Berkumpul Pada Sumber Cahaya?

Mengapa Laron Berkumpul Pada Sumber Cahaya?
26 Februari 2016
2900

Kenapa laron muncul saat musim hujan ya? Kenapa juga laron berkumpul pada sumber cahaya? Pertanyaan tersebut sering sekali muncul dibenak kita saat melihat segerombolan laron saat musim hujan. Atau terucap saat mengeluh ketika rumah kita diserbu para rayap bersayap tersebut.

Tidak banyak yang tahu bahwa laron adalah rayap dalam bentuk kasta reproduktif, terdiri dari rayap jantan dan rayap betina. Rayap reporduktif atau laron memiliki sayap, yang membedakan dengan rayap pada kasta lainnya. Sayap ini lah yang membantu laron terbang mencari sumber cahaya untuk mencari pasangannya.

Laron muncul saat hujan karena perilaku tersebut berguna untuk reproduksi. Laron betina dan jantan mengikuti insting untuk menuju cahaya. Ratusan bahkan ribuan laron pun akan terkumpul pada sumber cahaya. Hal tersebut menguntungkan laron, karena laron akan mulai mencari pasangan untuk bereproduksi.

Perilaku berkumpul mengikuti sumber cahaya pada laron disebut swarming. Swarming adalah berkumpulnya hewan pada sebuah titik atau pergerakan/migrasi dalam jumlah yang besar. Tidak hanya laron, banyak makhluk hidup lain juga melakukan swarming. Burung, kelelawar, ikan, alga, bahkan bakteri pun melakukan swarming dengan tujuan dan cara yang beragam.

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *