Mau Pelihara Kukang? Baca ini dulu

Mau Pelihara Kukang? Baca ini dulu
26 November 2015
1774

Satwa liar selayaknya hidup bebas di habitatnya, bukan di rumah atau di dalam kandang. Namun sampai saat ini perdagangan satwa liar ilegal masih belum bisa dikendalikan, termasuk perdagangan kukang si primata nokturnal.

Wajar saja kukang banyak diminati untuk dipelihara, hewan ini memiliki wajah yang lucu, gerakan yang lambat, dan bulu yang dengan corak yang unik. Namun kukang tetaplah satwa liar bukan hewan domestik seperti kucing atau anjing peliharaan.

Tingkat perburuan dan perdagangan kukang di Indonesia tergolong tinggi. Hal ini mengancam populasi kukang di alam liar, padahal kukang adalah satwaliar yang sudah terancam punah. Menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) kukang jawa termasuk dalam status genting atau endangered.

Menyayangi hewan tidak harus dengan memeliharanya, apa lagi hewan yang dilindungi. Satwa liar memiliki peran dalam keseimbangan ekosistem, perburuan satwa liar seharusnya ditekan.

Berhenti membeli dan memelihara satwa liar dapat mengurangi permintaan di pasar, sehingga angka suplai satwa liar dari perburuan bisa ditekan. Bagaimana dengan satwa liar hasil penangkaran/breeding? Sedihnya satwa liar di penangkaran akan memiliki perilaku yang tidak alami, jauh dari perilaku satwa liar di habitat alami.

 

Sumber/Referensi

[Foto: Yayasan IAR Indonesia, IUCN, Wikipedia]

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *