Mengapa Kucing Benci Air?

Mengapa Kucing Benci Air?
5 Desember 2019
1469

Sudah jadi rahasia umum kalau kucing tak suka air. Jangankan hujan, terkena cipratan air dari tangan saja mereka langsung menjauh. Kebencian mereka bukanlah faktor genetik. Melainkan hasil dari adaptasi dan pengalaman.

Awal domestikasi kucing sekitar 9500 tahun yang lalu di wilayah Timur Tengah, mereka tinggal di daerah beriklim gurun kering yang jarang terdapat danau, sungai, dan hujan. Sehingga pengalaman terhadap air rendah. Karena air sangat berharga bagi penduduk, tentu saja kucing peliharaan juga tidak boleh mendekati persediaan air. Kucingpun tumbuh selama berabad-abad tanpa perlu berurusan dengan air. Maka airpun menjadi benda yang asing.

Alasan lainnya, saat pertama kali kucing terguyur air mereka merasakan bulu menjadi berat dan basah. Kondisi ini sangat tidak nyaman bagi kucing yang lincah karena gerak mereka terhambat dan terasa dingin. Apalagi perlu waktu lama untuk mengeringkan semua bulu-bulu. Pengalaman ini membuat mereka enggan untuk menyentuh air yang kedua kalinya.

Tetapi tidak semua kucing benci air. Adapula ras yang menikmati berenang seperti Turkish Van, Turkish Angora, Maine coon, Bengal, dan Abyssinian. Ras tersebut memiliki tekstur bulu yang lebih tahan air, sehingga tetap nyaman meski berendam dalam air.

Referensi: rdanimalplanetthesprucepets

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *