Mengapa Ayam Cemani Bisa Berwarna Hitam?

Mengapa Ayam Cemani Bisa Berwarna Hitam?
4 Oktober 2019
1259

Indonesia memiliki satu jenis ras ayam unik yang tersohor hingga penjuru dunia. Namanya ayam cemani. Ayam yang awalnya diternakkan di daerah Kedu, Temanggung, Jawa Tengah ini berwarna hitam legam di seluruh bagian tubuhnya. Tidak hanya bulu tetapi juga daging, mata, hingga tulang-tulangnya. Bagaimana ini bisa terjadi?

Kondisi ayam cemani disebut sebagai fibromelanosis, yaitu mutasi genetik pada ayam domestik yang membuat pigmen melanin (hitam) terakumulasi berlebih di jaringan penghubung dan dermis.

Ayam memiliki gen bernama endothelin 3 (EDN3) yang berfungsi mengontrol warna kulit. Pada ayam normal, bagian bulu dan kulit mengekspresikan EDN3 yang memicu migrasi melanoblast (sel yang bertugas memicu munculnya warna). Namun pada ayam cemani seluruh sel tubuh menghasilkan EDN3, sehingga melanoblast bisa mencapai 10 kali lipat dan membuat warna jaringan menjadi gelap.

Baca juga: Mengapa Ayam Jantan Berkokok di Pagi Hari?

Meski seluruh jaringan tubuh berwarna hitam pekat, darah ayam cemani tetap merah. Keunikan ini menjadikan ayam cemani selalu dicari peternak atau penyuka ayam. Saking uniknya perekor bisa dihargai antara $200 - $400 di mancanegara.

Referensi:  KompasBackyard poultryWikipediaWideopenpets

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *