Menarik Wisatawan Sambil Menjaga Hiu Paus Tetap Aman

Menarik Wisatawan Sambil Menjaga Hiu Paus Tetap Aman
25 Februari 2017
1642

Maraknya perburuan sirip hiu selalu menjadi kekhawatiran utama bagi kelangsungan jenis ini. Hiu paus sebagai spesies hiu sekaligus ikan terbesar juga tak luput dari ancaman perburuan. Badan besar dengan motif totol putih terang serta kebiasaan berenang di dekat permukaan membuat mereka mudah ditemukan oleh pemburu.

Untungnya ketika mereka bermigrasi melewati Indonesia ada tempat persinggahan yang cukup aman, yaitu Teluk Cenderawasih. Teluk ini terletak di bagian tenggara semenanjung kepala burung Pulau Papua, provinsi Papua Barat dan merupakan taman nasional dengan persentase laut terluas di Indonesia (89.8%).

Teluk Cenderawasih aman untuk hiu paus berkat kearifan lokal yang mengharuskan masyarakat menjaga hewan ini. Sehingga tidak ada perburuan di sekitar teluk. Di sini kita bisa leluasa melihat hiu paus sepanjang tahun dari jarak dekat. Tentu saja meski bebas dlihat ada peraturan dan panduan yang harus ditaati seperti tidak memegang atau mengejar, matikan flash ketika berfoto, menjaga jarak minimal 3 m, dan tenang. Sayangnya sekitar 60% wisatawan belum bisa mematuhi aturan yang ada. Terutama berfoto dengan flash dalam jarak dekat dan memegang hiu paus langsung.

Sikap yang tidak bersahabat dari wisatawan tentu bisa mengganggu hiu paus. Namun sejauh mana pengaruh pariwisata terhadap kesehatan hiu paus masih dikaji oleh Conservation International dan Akurium Georgia Atlanta. Alangkah baiknya jika pariwisata bisa berdampingan dengan konservasi. Masyarakat mendapat manfaat ekonomi dan hiu paus tetap lestari.

Sumber :
http://www.mongabay.co.id/2016/09/26/konservasi-hiu-paus-perlukan-data-populasi-dan-pola-migrasi-untuk-apa/ https://nationalgeographic.co.id/berita/2016/11/melacak-raksasa-jinak-hiu-paus http://news.detik.com/berita/3211323/mengenal-hiu-pas-jenis-ikan-terbesar-di-dunia-yang-jadi-wisata-gorontalo/komentar
http://www.wwf.or.id/?51702/Diskusi-Konservasi-Hiu-Paus-di-Bumi-Panda http://olvista.com/hiu-paus-raksasa-laut-yang-ramah/
http://www.wwf.or.id/?37323/Whale-Shark-The-Gentle-Giant
http://www.nationalgeographic.com (foto)

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *