Memupuk Keingintahuan Tinggi Terhadap Konservasi Tumbuhan

Artikel
Memupuk Keingintahuan Tinggi Terhadap Konservasi Tumbuhan
Aktivitas, Flora, Kehutanan
120
14 November 2022
Yayasan Kehati
Penulis
Biodiversity Warriors
11
posting

Nurrahman Fajri mendapatkan antusiasmenya dalam dunia tumbuhan semenjak mengikuti Organisasi Mahasiswa Pecinta Tumbuhan (OMPT) Canopy Universitas Indonesia. Fajri aktif untuk ikut dalam berbagai kegiatan lapangan dan eksplorasi mengenai berbagai jenis tumbuhan di Indonesia. Melalui bekal pengalaman bersama OMPT Canopy UI dan ketekunananya dalam mendalami ilmu tumbuhan, bersama teman-temannya Fajri berhasil menuliskan dua buah buku panduan lapangan, yaitu “Buku Panduan Lapangan Flora Hutan Kota Universitas Indonesia” serta “Panduan Lapangan: Spermatofita Taman Hutan Raya Pancoran Mas Depok”. Buku ini berisi mengenai keragaman jenis tumbuhan yang bisa ditemukan di Hutan Kota UI dan TAHURA Pancoran Mas Depok.

Pengenalan OMPT Canopy UI – TN. Gunung Halimun Salak

Ternyata, dua buah buku belum cukup memuaskan keingintahuan Fajri dalam dunia tumbuhan. Dia kemudian mengikuti berbagai proyek dan riset mengenai berbagai jenis tumbuhan ke berbagai tempat di Indonesia. Melalui dukungan Lembaga riset RCCC UI dan OMPT Canopy UI, Fajri berkeliling untuk mengeksplorasi jenis-jenis tumbuhan di Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Bawean hingga ke Sumatra. Keseriusan dan ketekunannya itu pula yang mengantarkannya untuk tergabung dalam Youth Climate Change Camp atau YLCCC di Bukit Barisan Selatan, Sumatra, yang diadakan oleh Climate Reality Project Indonesia mewakili tim dalam bidang tumbuhan. Tidak hanya itu, Fajri juga berkesempatan mengikuti program “Winter School Program Universitas Indonesia-Universiteit Leiden: Rainforest project” sebagai tim ekologi dalam analisis kualitas air hulu hingga hilir Jawa Barat bersama mahasiswa UI dan Leiden.

Dokumentasi Fajri dalam Winter School Program Universitas Indonesia-Universiteit Leiden Tropical Ecosystem & sustainability

Saat ini Fajri tergabung dalam Lembaga Konservasi di Aceh yaitu Forum Konservasi Forum sebagai Staf Restorasi. Meskipun sudah menyelesaikan tugasnya sebagai mahasiswa, bekal keilmuan yang dia miliki mengantarkan dia pada pencapaian barunya. Saat bekerja, dia berhasil menuliskan dan publikasi 1 temuan rekaman jejak tumbuhan yaitu Rekaman baru “Episcia cupreata (Gesneriaceae): A New Record of Naturalized Plants in Sumatra”. Berbekal semangat dalam mengeksplorasi tumbuhan tersebut, Fajri selalu membawa perlengkapan identifikasi tumbuhan dan inventarisasi tumbuhan dengan harapan dapat menuliskan kembali panduan serta menemukan jenis-jenis baru untuk perkembangan konservasi tumbuhan di Indonesia.

Bagi Fajri, meneliti tumbuhan bukan hanya sekedar hobi dan kecintaan. Dengan mengetahui dan menemukan berbagai jenis tumbuhan di Indonesia, dapat menunjukan bagaimana kekayaan yang dimiliki oleh alam Indonesia. Melalui pelestarian dan meneliti berbagai tumbuhan, Fajri berharap kekayaan tumbuhan yang dimiliki alam Indonesia dapat menumbuhkan banyak inspirasi serta manfaat yang berguna bagi kehidupan manusia.

 

Dua buku karya Fajri dan rekan tentang panduang lapangan tumbuhan di Hutan Kota UI dan TAHURA Pancoran Mas Depok

2
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *