Mapala Unand Terbaik II Lomba Wana Lestari Tingkat Nasional Kategori Kelompok Pecinta Alam Tahun 2021

Artikel
Mapala Unand Terbaik II Lomba Wana Lestari Tingkat Nasional Kategori Kelompok Pecinta Alam Tahun 2021
Aktivitas, Kehutanan, Satwa
49
15 September 2021
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
27
posting

Mapala Unand menerima penghargaan Terbaik II Lomba Wana Lestari Tingkat Nasional Kategori Kelompok Pecinta Alam Tahun 2021 berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SK.49/MENHK/P2SDM/SDM.O/8/2021. Penghargaan ini diberikan dalam rangka memberikan apresiasi kepada perorangan, kelompok, aparatur negara atau badan usaha di bidang lingkungan hidup dan kehutanan berskala nasional.

 

Salah satu kriteria yang menjadi penilaian pada perlombaan ini yaitu, aktivitas kelompok seperti pendidikan, pelatihan, serta partisipasi di bidang konservasi yang pernah diikuti. Terkait kegiatan konservasi, banyak hal yang sudah dilakukan oleh Mapala Unand. Pada ajang Mapala Unand Mountain Running Competition 2018 dilakukan penanaman pohon bersama masyarakat di daerah jalur perlombaan.  Mapala Unand yang juga tergabung dalam gerakan Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI juga melakukan pendataan burung migrasi di sekitar Pantai Pasia Jambak, Koto Tangah, Padang di Padang. Kegiatan lain yang dilakukan yaitu pemeliharaan daerah konservasi seperti Ekspedisi Pembersihan Jalur Gunung Talang, Singgalang, dan Tandikek.

 

MAPALA UNAND MOUNTAIN RUNNING 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan daerah di daerah Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Solok. Kegiatan ini juga melakukan kerja sama dengan Dinas Pariwisata Solok dan Balai Persemaian Solok. Pada kegiatan ini juga diadakan pembagian bibit tanaman pada masyarakat disekitar lokasi perlombaan, dan diserahkan langsung kepada Bupati Solok.

 

Hal lain yang menjadi faktor penting penilaian yaitu kelompok binaan. Mapala Unanda bersama kelompok binaan Pokdarwis Kandang Ampek Bersatu Maju membuka dan membersihkan jalur Gunung Tandikek. Mapala Unand juga membekali anggota Pokdarwis dan masyarakat sekitar jalur pendakian tentang pengelolaan jalur pendakian sehingga memberikan dampak bagi perekonomian mereka.

 

1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *