LSPR 4C, Komunitas Muda Kampus Peduli Lingkungan

Artikel
LSPR 4C, Komunitas Muda Kampus Peduli Lingkungan
Aktivitas, Kelautan, Perubahan Iklim
295
30 April 2021
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
27
posting

Dibentuk pada tahun 2009, LSPR 4C (Climate Change Champions Club) merupakan sebuah komunitas yang fokus pada isu dan kegiatan lingkungan. LSPR 4C mempunyai komitmen untuk dapat membentuk individu-individu yang peduli terhadap permasalahan lingkungan di Indonesia.

 

Selama 12 tahun berdiri, LSPR sudah melakukan beberapa kegiatan lingkungan, antara lain penanaman bibit terumbu karang, penanaman bibit pohon bakau, pembersihan kota, mengadakan seminar hijau, kampanye lingkungan, dan kegiatan lainnya.

 

LSPR 4C Bersama Aston Menanam Coral di Pulau Pramuka pada 20 Januari 2018. Foto oleh LSPR 4C

 

Untuk membantu mengurangi degradasi ekosistem laut di kawasan pesisir Jakarta akibat maraknya pembangunan, LSPR bersama dengan Aston Marina Ancol menanam 1.000 terumbu karang di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Kegiatan bertajuk Go Plant ini dilakukan pada Sabtu, 20 Januari 2018, dan diikuti oleh 80 anggota dan sukarelawan.

 

Selain penanaman bibit terumbu karang, LSPR 4C juga melakukan penanaman bibit mangrove. Untuk memperingati Hari Sejuta Pohon, LSPR 4C bekerja sama dengan Aston Simatupang menanam 1.000 bibit mangrove di pesisir Marunda, Jakarta Utara. Kegiatan ini dilakukan pada 18 Januari 2020 yang dilakukan oleh para mahasiswa LSPR. Bibit mangrove ini diharapkan dapat tumbuh untuk menjaga kelestarian ekosistem pesisir laut dan mencegah abrasi pantai dan intrusi air laut di Pesisir Marunda.

 

Salah Satu Kegiatan Earth Hour LSPR 4C di Rusun Petamburan pada 29 Maret 2019. Foto oleh LSPR 4C

 

LSPR 4C juga terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap keberlangsungan Bumi. Untuk memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April, LSPR secara rutin mengadakan kegiatan earth hour. Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu bersama warga Rusun Pertamburan Jakarta Pusat. LSPR 4C bersama warga melakukan penanaman pohon dan melakukan pemadaman lampu selama 1 jam pada pukul 19.00-20.00.

 

Banyak kegiatan lingkungan lainnya yang dilakukan oleh LSPR 4C. Di tengah pandemic covid-19, kampanye pelestarian lingkungan semarak dilakukan secara daring melalui media social dan webinar bertema lingkungan.

 

Tanggal 23 Juni 2020 merupakan hari yang penting bagi LSPR 4C. Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR dan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pembentukan Basis Permanen/Jaringan Biodiversity Warriors (BW) di LSPR. Tujuan pembentukan jaringan BW KEHATI LSPR yaitu untuk mengarusutamakan pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia secara adil dan berkelanjutan melalui kegiatan Biodiversity Warriors di LSPR. Melalui kerja sama ini, kedua pihak berharap dapat mempromosikan champion-champion muda yang peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup untuk tampil di forum nasional dan internasional.

 

Kepengurusan LSPR 4C:

Founder & CEO                              : Ibu Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR

Wakil Rektor III                             : Bapak Taufan Teguh Akbari, Ph.D

Head of Student Activities            : Ibu Patricia Vicky Sihombing, M.Si

Club Coordinator                            : Ibu Cherie Mawuntu, M.I.kom.

Presiden LSPR 4C                           : Raja Reinda Cayari

Wakil Presiden LSPR 4C               : Fiolita Medina Nurshabrina

Bendahara                                        : Happy Angela

Sekretaris                                         : Sesilia Ivy

Koordinator Acara                          : Jasmin Mirabel

Humas                                               : Gabriella Angelica

1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *