Kunjungan Ke Tempat Pelestarian Penyu dan Rumah Literasi Hijau

Artikel
Kunjungan Ke Tempat Pelestarian Penyu dan Rumah Literasi Hijau
Aktivitas, Ekowisata, Perubahan Iklim, Satwa
63
21 November 2022
Universitas Indonesia
Penulis
Maghfira Nadya Salsabila
5
posting

Ada 7 jenis penyu di dunia dan 6 diantaranya hidup tersebar di Indonesia👏👏 Namun, di Kepulauan Seribu hanya ada 2 jenis penyu, yaitu penyu hijau dan penyu sisik. Budidaya penyu disini memiliki tingkat keberhasilan sebesar 70%.

 

Untuk pencarian telur penyu dilalukan teknik penyisiran menggunakan alat sederhana, yaitu kayu bambu runcing. Satu induk betina bisa kawin dengan beberapa penyu jantan dan menghasilkan hingga 200 telur, wow!!

 

Lanjut kunjungan ke rumah literasi hijau, disini kita diedukasi bagaimana sampah di pulau seribu itu dikelola dan tindakan apa yang harusnya kita lakukan. Utamanya adalah mindset! Disini mereka stop mengatakan “sampah” dan menggantinya dengan “barang bekas pakai atau plastik sehabis pakai” tujuannya untuk mengalihkan perhatian kita agar memikirkan potensi untuk menjadikannya sumber daya lain yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis alih-alih hanya menumpuk di TPA.

 

Plastik dibuat dengan menggunakan teknologi maka penyelesaianya pun menggunakan teknologi. Di rumah literasi, mereka menggunakan teknik pirolisis untuk mengolah plastik menjadi bahan bakar👍

1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *