Kokoleceran, Maskot yang Tidak Dikenali oleh Tuan Rumahnya

Kokoleceran, Maskot yang Tidak Dikenali oleh Tuan Rumahnya
23 March 2015
2553

Masyarakat Banten biasa menyebutnya dengan kokoleceran. Salah satu pohon berkayu keras dari keluarga Dipterocarpaceae dengan nama ilmiah Vatica bantamensis. Pohon yaang berkerabat dekat dengan resak hiru (Vatica rassak) ini hanya tumbuh di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Banten, sehingga mendapat julukan sebagai maskot provinsi.

Sayangnya hanya sedikit orang yang mengenal apalagi melihat langsung tanaman kokoleceran ini. Tempat tumbuhnya yang berada dalam hutan hujan TNUK membuat tidak banyak orang yang menyadari keberadaannya. Padahal sebagai tumbuhan yang mendapat predikat 'maskot provinsi' seharusnya masyarakat Banten mengenali atau sekedar tahu bagaimana rupa kokoleceran.

Tanaman kokoleceran

Data dari IUCN menunjukkan bahwa belum ada penelitian lebih lanjut terhadap kokoleceran sejak tahun 1998, 17 tahun yang lalu. Data yang adapun miskin informasi, tidak terdapat perkiraan jumlah populasi, ancaman, ataupun kondisi terbaik untuk habitat mereka. Jika masyarakat, LSM atau pemerintah tidak segera mengambil upaya maka tidak menutup kemungkinan kokoleceran akan punah dalam waktu dekat.

Sumber :

[iucnprohatiuntirta]

About Author
Admin BW
Biodiversity Warriors

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related
Article
No items found
2020-07-30
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *