Kenapa Kepiting Jalan Menyamping?

Kenapa Kepiting Jalan Menyamping?
31 Januari 2017
1900

Pernahkah kita bertanya kenapa kepiting berjalan ke samping? Padahal mata mereka menghadap sisi depan? Mereka berjalan ke arah samping dengan kesepuluh kakinya.

Berjalan ke samping adalah pilihan paling efisien bagi kepiting. Karena artikulasi gerak persendian yang lebih luas ke arah samping badan, sehingga lebih mudah dan nyaman untuk berjalan menyamping.

Baca juga: Selebrasi Kemenangan Kepiting

Meski begitu ada pengecualian untuk beberapa jenis kepiting seperti Libinia emarginata dan Mictyris platycheles. Kedua jenis ini biasa berjalan maju 80% dari waktunya. Perbedaannya adalah pada otot kaki yang lebih berkembang.

Bila dibandingkan dengan kepiting pada umumnya, otot-otot pada segmen pertama kaki (proximal leg segment) kedua jenis ini berjumlah lebih banyak dan ukuran segmennya lebih panjang. Sehingga lebih menguntungkan untuk berjalan ke arah depan.

 

Sumber :

Vidal-Gadea AG, Belanger JH. The evolutionary transition to sideways-walking gaits in brachyurans was accompanied by a reduction in the number of motor neurons innervating proximal leg musculature. Arthropod Structure & Development Volume 42 : 6, November 2013, Pages 443–454

Vidal-Gadea AG, Rinehart MD, Belanger JH. Skeletal adaptations for forwards and sideways walking in three species of decapod crustaceans. Arthropod Struct Dev. 2008 Mar;37(2):95-108. PubMed PMID: 18089130

http://hkti.org/mengenal-jenis-kepiting.html

http://www.inaturalist.org/taxa/417961-Mictyris-platycheles

http://www.summersaltballina.com/

Tentang Penulis
Admin BW
Biodiversity Warriors

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2020-07-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *