Kedidi Besar

Artikel
Kedidi Besar
Lain-lain
1055
3 Januari 2015
Penulis
adam sudrajat
167
posting

Deskripsi
Berukuran agak besar (27 cm), berwarna keabu-abuan dengan paruh panjang. Mirip Kedidi merah, perbedaannya: ukuran lebih besar, paruh lebih panjang, lebih tebal, dan ujungnya sedikit melengkung ke bawah. Bagian atas lebih gelap dengan coretan samar. Mahkota bercoret, dada dan sisi tubuh berbintik hitam (dalam masa berbiak tidak terlihat). Tungging dan sayap bergaris putih. Pada musim panas dada terlihat kehitaman dan sayap bergaris merah karat. Iris coklat, paruh hitam, kaki abu-abu kehijauan.

Tempat hidup dan Kebiasaan
Mengunjungi hanitat pesisir yang terlindungi, termasuk: gosong lumpur pasang surit, beting pasir, dan kadang-kadang padang rumput di pantai. Beristirahat di kawasan terlindung yang tidak dapat dicapai oleh arus pasang.

Dalam perjalanan migrasi, memakan berbagai jenis hewan: bivalva, gastropoda, timun laut, kepiting, dan udang. Secara metodis menusukkan paruhnya ke dalam lumpur untuk memperoleh makanan. Membentuk kelompok terbang sampai ribuan individu dan bergabung dengan jenis kedidi lain serta Trinil pembalik-batu dalam perjalanan migrasinya, sedangkan saat berada di daerah tujuan biasanya mencari makan dalam kelompok kecil.

Status
Daftar merah IUCN : Rentan (VU)

 

photo: Kedidi besar bulu tidak berbiak, Pantai Trisik, Kulonprogo, Yogyakarta © Hary Susanto

source: Kutilang Indonesia, Burung-Burung di Kawasan Papua

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *