Kakatua Jambul Kuning

Satwa
Kakatua Jambul Kuning
18 Mei 2016
6007

Tahukah sahabat Warriors burung cerdas yang satu ini?

Kakatua jambul kuning atau dalam nama ilmiahnya Cacatua sulphurea adalah burung berukuran sedang dengan panjang sekitar 35 cm dari marga Cacatua. Burung ini hampir semua bulunya berwarna putih. Namun di kepalanya terdapat jambul berwarna kuning yang dapat ditegakkan. Makanan burung Kakatua jambul kuning ini terdiri dari biji-bijian, kacang & aneka buah-buahan.

Klasifikasi! Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Aves; Ordo: Psittaciformes; Famili: Cacatuidae; Genus: Cacatua; Spesies: Cacatua sulphurea

(sumber: internet)

Burung kakatua ini hidup berpasangan dalam jumlah kecil sampai besar. Jika terbang sering dijumpai dalam kelompok dengan kepakan berat, kadang melayang, disertai suara riuh. Burung ini mempunyai kemampuan berpegangan pada ranting dengan jari-jari kaki atau paruhnya. Sedangkan lidahnya untuk membantu dalam memakan buah, dan biji-bijian. Perilaku kakatua jambul kuning pejantan saat menjelang kawin yaitu melompat, mengembangkan sayap, mengangkat ekor, dan jambulnya akan dinaik - turunkan. Gerakan pejantan tersebut dilakukan untuk menarik betina untuk kawin. . Dan burung kakatua jambul kuning betina menetaskan antara dua hingga tiga telur dalam sarangnya di lubang pohon secara alami. 

Namun, saat ini kakaktua jambul kuning termasuk satwa liar yang dilindungi undang - undang, sebagaimana tertera dalam PP No. 7 Tahun 1999, dan ada kententuan dalam Undang - Undang No. 5 Tahun 1990. Kakatua jambul kuning bahkan dievaluasikan sebagai kritis di dalam daftar merah IUCN dan spesies ini juga dimasukkan oleh CITES ke dalam Appendix I.

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan