Kacang Babi

Article
Kacang Babi
Flora
4030
18 December 2014
Author
Nadia Putri Rachma
127
posting

Habitus

Tumbuhan tahunan, kaku, gundul, dengan tinggi antara 30-180 cm. Batang kuat, bersegi dan berongga. Daun berseling, menyirip ganda, berjumlah 2-6, berbentuk bundar telur hingga menjorong. Perbungaan tandan pendek di ketiak dengan bunga berjumlah 1-6; bunga berukuran kurang lebih 2-4 cm x 1.5 cm, berwarna putih dengan loreng dan ruam, berbau. Polong berbentuk agak menyilinder hingga memipih, di lapangan, kultivar mencapai panjang 5-10 cm, sedangkan bila ditanam di kebun dapat mencapai panjang 30 cm long. Bentuk dan ukuran biji sangat beragam, sangat padat hingga agak membulat, berwarna putih, hijau, kekuning-kuningan, coklat, ungu atau hitam.

Distribusi/Penyebaran

Asal dan persebaran geografis kacang babi adalah di daerah Mediterania atau di daerah selatannya. Di Asia barat, kacang ini telah ditanam sejak zaman lampau. Sekarang secara luas ditanam di semua daerah hangat dan pada ketinggian lebih tinggi dari daerah tropis. Kacang ini tergolong dalam kacang polong utama dunia.

Habitat

Kacang babi adalah tumbuhan tahunan yang berasal dari daerah tropis. Tetapi dapat tumbuh pada ketinggian yang tinggi di daerah tropis, tetapi pada umumnya gagal untuk menghasilkan polong di daerah tropis lembab yang panas. Kacang ini merupakan suatu tumbuhan berhari panjang, beberapa kultivar berhari netral. Selama periode pertumbuhan memerlukan temperatur rata-rata 18-27 ° C, dengan sedikit atau tidak ada panas berlebihan. Curah hujan yang diperlukan 650- 1000 mm/year; Membutuhkan kelembaban tertinggi kurang lebih 9-12 minggu setelah penanaman. Tanaman ini tidak tahan kekeringan dan juga tidak tahan terhadap air yang berlebihan. Kacang ini dapat tumbuh pada hampir semua jenis lahan tetapi tumbuh terbaik pada tanah liat, pH mungkin 4.5-8.3 dan optimum pada 6.5.

Manfaat tumbuhan

 Kacang babi kultivar berkulit hijau ditanam di kebun dan sebagai tanaman kebun, kacang kering digunakan sebagai makanan untuk manusia dan binatang. Mereka juga ditanam untuk makanan hewan, jerami dan pupuk hijau baik utuh atau bagian yang dipanen. Ada minat baru untuk memanfaatkan kacang babi karena merupakan makanan kaya protein, hal ini untuk memenuhi kebutuhan untuk diversifikasi makanan dan meningkatnya populasi manusia. Karenanya, kacang babi bisa mempunyai peluang masa depan yang baik. Karena itu sudah mulai ada usaha untuk meningkatkan kultivarnya. Di Asia tenggara kacang babi merupakan suatu tanaman menarik untuk daerah pegunungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *