Jakarta Biodiversity Survey in Pandemi (Taman Menteng)

Artikel
Jakarta Biodiversity Survey in Pandemi (Taman Menteng)
Aktivitas
106
15 November 2020
Biologi
Penulis
anisrmdh30
2
posting

Masa pandemi ini, membuat kita bergerak secara tak bebas untuk berkunjung ke suatu tempat. Berbagai protokol kesehatan harus kita taati. Mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, dan berjaga jarak dengan orang lain. Namun, kita tetap harus banyak bergerak agar tetap sehat ditengah situasi ini. Komunitas Ayo ke Taman melibatkan Biodiversity Warrior Yayasan KEHATI dan komunitas lainnya, melakukan kegiatan Jakarta Biodiversity Survey in Pandemi (JAKBIAN) untuk melihat perkembangan biodiversitas di RTH Jakarta saat masa pandemi Covid-19.

Hari Sabtu, 14 November 2020 di Taman Menteng, merupakan hari pertama kami melakukan biodiversity survey. Kami melakukan survey dengan cara mencatat burung, capung, dan kupu-kupu yang kami temukan saat berjalan mengitari taman. Metode ini biasa dikenal oleh kalangan biologi sebagai metode VES (Visual Encountered Survey). Kami memulai pengamatan pukul 07.30 s.d 10.15.

Berikut ini beberapa dokumentasi saat kami berkegiatan:

Berdasarkan pengamatan tersebut ditemukan 13 jenis burung, 3 jenis capung, dan 5 jenis kupu-kupu. Selain itu, kami juga berjumpa dengan bajing kelapa dan bunglon taman

Ikuti terus perkembangan kegiatan kami untuk melihat perbedaan biodiversitas sebelum pandemi dan saat pandemi, ya!

Terima kasih.

6
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *