inggu

Flora
inggu
4 May 2016
2062

 

manfaat khasiat tanaman inggu untuk mengatasi penyakit, dan serta cara meramunya untuk dijadikan sebagai obat tradisional:

Sakit kuning
Ekstrak daun inggu atau getahnya yang sudah beku sebesar tiga tablet dilarutkan dalam air panas satu gelas. Tunggulah beberapa saat sampai siap diminum. Kalu bisa minumlah ketika masih panas. Minumlah secara teratur tiap hari sekali sampai sehat kembali.

Ketombe
Bagi yang punya kulit kepala yang dihuni ketombe termasuk kurap di tempat lain, cobalah ambil daun inggu secukupnya. Peras dan ambil airnya. Air perasan ditambah sedikit kunyit lalu haluskan, dan kini siap untuk dioleskan pada kepala atau penyakit kulit lainnya. Air perasan inggu ini juga bermanfaat untuk obat tetes sakit telinga dan sakit gigi.

Kejang pada anak
Jika anak sering kejang karena panas misalnya, cobalah kompres dengan cuka hasil rendaman daun inggu. Menyiapkannya, daun inggu direndam dalam cuka kurang lebih setengah jam. Setelah itu kompreslah kepala si anak dengan larutan cuka tadi. Dan usahakan kepalanya tetap basah sampai kembali seperti sediakala. Cuka dan daun inggu ini pun bisa disimpan dalm botol untuk digunakan kapan diperlukan.

Kolera pada anak
Seorang anak yang sering muntah-muntah, suhu badan tinggi, dan susah makan, silahkan ambil satu jari ranting inggu. Tambahkan satu sendok teh air dan garam halus secukupnya. Bahan-bahan ini digiling halus. Setelah halus cairannya diperas baru diminumkan pada anak tersebut

 

 

About Author
Ulul Azmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2016-05-04
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *