Gigi keong laut material terkuat di bumi

Artikel
Gigi keong laut material terkuat di bumi
Lain-lain
1982
19 Februari 2015
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Jika nanti ditanya material apakah yang paling kuat di bumi? Jawablah material dari gigi limpet (sejenis keong laut), bukan lagi jaring laba-laba. Penelitian sbelumnya menunjukan bahwa jaring laba-laba 5 kali lebih kuat dibanding baja. Namun penelitian di University of Portsmouth menunjukan fakta baru, gigi limpet berkekuatan 5 kali dari jaring laba-laba.

Tampilan gigi limpet dibawah mikroskop elektron (Foto: University of Portsmouth)

Limpet atau keong laut menggunakan giginya untuk menusuk permukaan batu yang keras dan memakan ganggang di permukaannya. Gigi limpet terdiri dari geothite yaitu bahan yang dikenal sangat kuat. Bahkan seorang profesor di University of Portsmouth mengatakan material tersebut dapat digunakan dalam aplikasi teknik kinerja tinggi seperti Formula 1, lambung kapal dan struktur pesawat.

Hebatnya lagi kekuatan gigi limpet tidak peduli dengan ukuran. Umumnya ukuran yang besar lebih mudah patah dibanding yang kecil, aturan itu tidak ada di gigi limpet yang apapun ukurannya akan sama kuatnya. Hal-hal hebat tersebut menunjukan alam selalu memberi pelajaran dan inspirasi bagi manusia.

Referensi:

[huffingtonpostwikipedia spider silk, wikipedia limpet

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *