gandarusa(besi-besi)

Flora
gandarusa(besi-besi)
4 May 2016
2930

       Gandarusa banyak tersebar di Indonesia. Tanaman ini merupakan famili dari tumbuhan Acanthaceae serta memiliki nama latin Gendarussa vulgaris Nees. Nama gandarusa disetiap daerah berbeda beda seperti di Sunda (Handarusa), Jawa (Tetean, Trus atau Gandarusa), Aceh (Besi-besi), Bima (Gandarisa), Ternate (Puli). Gandarusa memiliki sifat netral, rasanya pedas dan sedikit asam, anti reumatik dan dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Kandungan zat kimia dalam daun gandarusa antara lain kalium, minyak atsiri, justicin dan alkaloid (agak beracun). Gandarusa sudah banyak dimanfaatkan bagi kesehatan. Hal itu sudah teruji dan dibuktikan. Jika kita bisa dan tahu cara memanfaatkannya maka kita pun bisa menjadikan tanaman ini sebagai tanaman herbal alami. Tanaman gandarusa ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luar maupun obat dalam tergandung jenis penyakit dan cara memanfaatkannya. Jika kita sudah bisa dan tahu cara memanfaatkan tanaman gandarusa ini, maka kita tidak perlu repot repot pergi ke dokter dan mengeluarkan biaya yang mahal. Cukup dengan biaya yang murah ataupun tanpa biaya dan dilakukan di rumah

 

Manfaat tanaman gandarusa :

1. Obat Reumatik
 Siapkan 30 gram daun gandarusa yang sudah dicuci bersih. Rebus daun gandarusa tersebut dengan air secukupnya. Biarkan sampai benar benar mendidih lalu angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut secara teratur. Sementara untuk pemakaian luar cukup dengan melumatkan beberapa lembar daun gandarusa lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

2. Mengobati Patah Tulang
 Siapkan segenggam daun gandarusa segar dan cuci bersih. Lumatkan daun gandarusa tersebut sampai benar benar halus. Kemudian tambahkan cuka secukupnya dan aduk rata. Tempelkan pada tulang yang patah dengan catatan tulang yang patah sudah dalam kondisi yang benar seperti semula.

3. Mengobati Bisul
 Daun gandarusa yang sudah dicuci bersih sebanyak 20 gram dilumatkan sampai halus. Lalu tambahkan cuka secukupnya dan aduk hingga merata. Tempelkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terkena bisul.

4. Mengobati Memar
 Ambil daun gandarusa yang masih segar. Kemudian oleskan minyak sampai merata dan layukan daun gandarusa tersebut diatas api. Setelah layu tempelkan pada bagian tubuh yang memar. Atau bisa juga dengan cara seperti berikut yaitu siapkan 20 gram daun gandarusa lalu direbus menggunakan air secukupnya. Setelah benar benar mendidih angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut dan lakukan beberapa kali

About Author
Ulul Azmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2016-05-04
Difference:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *