Ekspedisi Serangga Terbang Gekbrong (Part 1)

Artikel
Ekspedisi Serangga Terbang Gekbrong (Part 1)
Aktivitas, Ekowisata, Kehutanan, Satwa
109
27 November 2021
Uhamka
Penulis
Ahmad Rizky Mudzakir
6
posting

Desa Gekbrong merupakan salah satu desa peyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang masuk ke dalam wilayah kerja Resort Tegallega. Desa Gekbrong terletak di Cianjur dan langsung berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi. Lokasinya yang berdekatan dengan hutan, menjadikan desa ini bagaikan surganya para puspa dan satwa liar, mulai dari hewan kecil sampai yang paling besar sekalipun. Keragaman habitat di sini mneyediakan rumah bagi para satwa liar seperti contohnya adalah serangga terbang (capung dan kupu – kupu).

Capung dan kupu – kupu merupakan satwa yang dapat dijadikan bioindikator lingkungan bersih dan asri, keberadaanya juga menjadikan suatu menjadi nyaman akan kehadirannya, terlebih kupu – kupu yang memiliki corak, warna, serta ukuran yang beragam rupanya. Untuk menguak potensi keanekaragaman hayati di Desa Gekbrong, tim Biodiversity Pendidikan Biologi Uhamka melalukan riset mengenai inventarisasi keragaman serangga terbang (capung dan kupu – kupu) untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran pengenalan satwa. Penelitian ini berlangsung seminggu 4 kali dengan kurun waktu selama 1 bulan. Penelitian ini dilakukan melalui skema Biodiversity Warriors Sponsorship Program 2021 termin II yang didukung penuh oleh Yayasan KEHATI.

Tim melibatkan banyak personil termasuk anak – anak Desa Gekbrong untuk diajak pengenalan, mencari dan cara mengidentifikasi serangga terbang di lokasi penelitian. Kegiatan pencarian serangga terbang tim lakukan dengan menyusuri atau menjelajahi lokasi yang ditunjuk sebagai habibatnya serangga terbang, yaitu perkebunan hortikultura dan aliran sungai. Bersama anak – anak, tim sangat semangat untuk mengajarkan dan mengenalkan jenis – jenis serangga terbang yang ada di Desa Gekbrong. Saat ini, total jenis yang didapati 20 jenis dengan masing – masing 3 jenis capung dan 17 jenis kupu – kupu.

Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberikan informasi tentang inventarisasi jenis serangga terbang (capung dan kupu – kupu). Output dalam penelitian ini adalah masyarakat mampu mengetahui daftar jenis serangga terbang yang ada di Desa Gekbrong dan juga menumbuhkan jiwa konservasi untuk masyarakat dan anak-anak dengan mengikutsertakan langsung pengamatan di lapangan. Dan tercetaknya poster daftar jenis serangga terbang dan leaflet mengenai simbiosis antara manusia dengan serangga terbang di alam.

 

1
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *