Bulan ini Berbagai Burung Predator Migrasi Ke Indonesia

Artikel
Bulan ini Berbagai Burung Predator Migrasi Ke Indonesia
Lain-lain
1966
20 November 2014
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Raptor atau burung pemangsa setiap tahunnya melakukan migrasi dari daerah asalnya seperti Cina, Jepang dan Siberia ke daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Migrasi adalah perpindahan atau penyebaran satwa liar pada musim tertentu dari satu tempat ke tempat lain.

Hal itu dikarenakan daerah tempat tinggal mereka sedang mengalami perubahan iklim lingkungan yang ekstrim dan keadaaan sumber pakan yang berkurang. Selain itu, perpindahan besar-besaran burung pemangsa ini ditujukan juga untuk berkembang biak.

 

Elang Alap Cina (Accipiter soloensis)

 

Mereka melakukan migrasi ke Indonesia untuk mendapatkan suhu panas yang baik dan sumber pakan yang cukup guna melangsungkan hidupnya. Biasanya burung pemangsa tersebut melakukan migrasi dari bulan September hingga November, lalu kembali ke daerah asalnya pada musim panas yaitu bulan Maret hingga Mei. 

Di Indonesia, salah satu tempat terbaik untuk mengamati migrasi burung-burung pemangsa ini adalah di Bukit Paralayang, Puncak- Bogor, Jawa Barat. Melintasnya Raptor migran di Bukit Paralayang menandakan kawasan / daerah tersebut masih baik kualitas lingkungannya, karena burung juga dapat sebagai bioindikator suatu daerah / kawasan.

Raptor migran yang biasa teramati yaitu Elang Alap Cina (Accipiter soloensis), Elang Alap Jepang (Accipiter gularis) dan Sikep madu Asia (Pernisptilorhyncus). Burung-burung itu tampak melintas secara soliter (terbang sendiri) atau membentuk Flock(berkelompok).

Baca selengkapnya Fenomena Raptor Migran di Bukit Paralayang, Puncak – Bogor, Jawa Barat.

Oleh: Ahmad Baihaqi

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *