Biodiversity Monitoring and Wildlife Photography (Week 2)

Article
Biodiversity Monitoring and Wildlife Photography (Week 2)
Animal, Ecotourism, Flora
149
22 January 2021
Unas
Author
Muh khoir
5
posting

Oleh : Agus Fatah, Pegiat Konservasi AN-NAHL Islamic School dan M. Khoir, Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI

 

Kegiatan Biodiversity Monitoring And Wildlife Photography AN-NAHL Ecopark 2021 telah memasuki pekan kedua. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara AN-NAHL Ecopark dan Yayasan KEHATI melalui Biodiversity Warriors. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Asian Waterbird Census (AWC) yang diperingati setiap minggu ke 2 dan 3 Januari yang bertujuan untuk menghitung jumlah jenis dan jumlah individu burung air yang terdapat di kawasan An-nahl Ecopark. Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama generasi muda akan pentingnya menjaga dan melestarikan keberadaan burung air beserta habitatnya.

 

Di pekan kedua ini peneliti dari Biodiversity Warriors KEHATI dan team AN-NAHL Ecopark kembali menyusuri kawasan AN NAHL Ecopark menuju area persawahan di belakang AN NAHL Ecopark. Menyusuri area AN NAHL Ecopark merupakan sebuah tantangan tersendiri. Jalan yang becek dan licin dengan tingkat kemiringan yang cukup tajam tak menghalangi semangat para peneliti Biodiversity Warriors KEHATI dan team AN NAHL Ecopark untuk memotret satwa liar yang terdapat di area persawahan.

 

Tiba di area persawahan team Biodiversity Monitoring langsung menyusuri jalan setapak dipinggir sawah dan mencari objek photo. Alhamdulillah tak beberapa lama kemudian team menemukan objek untuk difoto. Objek tersebut adalah capung jarum yang ukurannya lebih kecil dari pada capung jenis lainnya. Untuk memotret capung jarum bukanlah hal yang mudah, diperlukan trik dan teknik tersendiri, karena objek terus bergerak dengan gerakan tak terduga dan sulit di prediksi.

 

Alhamdulillah berkat pengalaman dan trik khusus kak Khoir dan kak Haris mampu mendekatkan kamera dengan objek hingga 30 cm dan akhirnya hasil terbaik pun diperoleh. Seekor capung jarum berhasil diabadikan kamera. Setelah berhasil memotret capung jarum team melanjutkan perjalanan ke tengah sawah mencari objek berikutnya. Diujung sawah team melihat seekor burung berukuran sedang terbang dan sempat tertangkap kamera kak Haris.

 

Burung tersebut ternyata burung bambangan merah (Ixobrychus cinnamomeus). Team terus melanjutkan perjalanan dan alhamdulillah hingga akhir pencarian objek photo, team berhasil memotret burung, Bambangan merah (Ixobrychus cinnamomeus), Kipasan belang (Rhipidura javanica), Bondol peking (Lonchura punctulata), dan Bondol haji (Lonchura maja). Kemudian, saat team kembali ke AN NAHL Ecopark, beruntung kak Haris dapat memotret burung Cabai jawa (Dicaeum trochileum) yang sedang terbang dari pohon ke pohon.

 

Bambangan merah (Ixobrychus cinnamomeus)

 

Disamping memotret berbagai jenis burung yang ada di Ecopark dan sekitarnya, alhamdulillah team juga berhasil memotret beberapa jenis kupu-kupu antara lain : Leptosia nina, Eurema hecabe, Hypolimnas bolina, dan Junonia iptiha. Usai pencarian objek photo, team Biodiversity Monitoring kemudian istirahat dan sharing sambil menikmati rambutan gula batu dan nangka cempedak AN NAHL yang rasanya manis sekali.

 

Pada sesi sharing setiap anggota team dipersiapkan menyampaikan komentar dan kesannya tentang kegiatan Biodiversity Monitoring pekan kedua. Selain memberikan komentar dan kesan, di sesi sharing ini team juga merencanakan pengamatan dan pencarian objek satwa untuk di photo pada malam hari. Rencana tersebut tentu saja sangat menarik, karena pengamatan satwa di malam hari merupakan tantangan bagi team untuk mengetahui satwa apa saja yang ada di AN NAHL Ecopark di malam hari.

 

Wah makin seru saja Biodiversity Monitoring dan Wildlife Photography AN NAHL Ecopark 2021 ini, pantau terus ya liputannya. Sampai jumpa, salam konservasi, salam lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *