Berikut 20 manfaat batang pisang bagi kesehatan

Berikut 20 manfaat batang pisang bagi kesehatan
1 Maret 2016
4011

Kandungan buah pisang yang penuh serat dan gizi tidaklah diragukan. Buah pisang telah direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk dikonsumsi. Salah satu khasiatnya adalah memperlancar buang air besar. Terlebih pisang raja, mempunyai kandungan kalium yang berguna bikin lancar air seni. Selain itu, juga mempunyai kandungan vitamin A, B, C, zat gula, air, serta zat tepung.

Tahukah anda, ternyata bukan hanya buah pisang saja yang berkhasiat. Batang pohon pisang pun tak kalah berkhasiatnya disbanding buah pisang. Zat tanin pada pisang berupa antiseptik, sedang zat saponin bermanfaat mengencerkan dahak.

Berikut ini terdapat 20 Jenis Penyakit yang dapat diobati dengan pemakaian Sisi dalam pohon Pisang seperti dilansir dari mediapintar21 :

  1. Luka

Langkah pertama ambillah getah anak pisang, lalu berikanlah di bagian luka yang sudah dibersihkan. Setelah itu ambillah bonggol pisang. bersihkan lalu ditumbuk. Berikanlah ramuan itu pada tempat yang terluka

  1. Luka bakar

Anda pasti tidak menyangka, ternyata pisang adalah obat alami untuk luka bakar. Cara mengobatinya adalah ambil pisang yang telah masak lalu dilumatkan, setelah itu berikanlah pada luka bakar.

  1. Kutil

Kulit pisang klutuk dikerokkan dengan agak keras pada kutil. Beberapa jam lalu, kutil pasti akan terkelupas. Jika belum sembuh juga, ulangilah sampai tiga kali.

  1. Digigit seranqqa

Hati pisang yang ada didalam batang pisang diparut, lalu diperas. Ambillah airnya kurang lebih 1 gelas. Minum ramuan itu Dua kali sehari, masing-masing setengah gelas. Lalu, ampasnya digunakan untuk mengompres luka karena gigitan serangga.

  1. Ambeien

Ambeien juga dapat diobati dengan pisang. Yang harus dilakukan adalah cuci bersih lima buah pisang batu, setelah itu diparut kemudian peras untuk di ambil airnya. Setelah disaring, berikanlah sedikit pulosari serta gula aren. Minum ramuan itu dua kali sehari.

Cara lainnya adalah ambil cairan yang ada di bonggol batang pisang. Lalu diamkan hingga jernih dan minum air tersebut.

  1. Hepatitis

Makan banyak pisang emas.

  1. Mencegah demam nifas setelah melahirkan

Batang pohon pisang dlparut serta diperas untuk di ambil airnya. Setelah disaring, minum 2x sehari.

  1. Sariawan di usus

Sediakan 4 pisang batu mentah bersamaan kulit serta buahnya iris beberapa tipis, lalu ditumbuk. Peras dan saring. Airnya simpan dalam gelas lalu embunkan selama 1 malam. Besok harinya minum sekian bangun tidur.

  1. Cacar air

Bonggol pisang batu diparut serta diperas untuk di ambil airnya. Lalu, campur dengan adas serta pulosari. Setelah disaring, diminum dua kali satu hari.

  1. Radang tenggorokan/amandel

Bonggol pisang kepok diparut serta diperas untuk di ambil airnya. Pakai air tsb. untuk berkumur. Lakukan hal sejenis ini 3x sehari.

  1. Disentri

Langkah Pertama adalah; Bonggol pisang batu diparut serta diperas untuk di ambil airnya beberapa setengah gelas. Ramuan itu untuk diminum tiga kali sehari.

Langkah Kedua adalah; ambil 2 bunga pisang kepok setelah dicuci bersih, lalu dikunyah serta ditelan airnya.

  1. Diare

Langkah pertama adalah ambil 2 bunga pisang kepok dibakar hingga hitam, lantas ambillah segi dalamnya serta makan.

Langkah Kedua; Minum 1 gelas anggur cairan dari bonggol pisang kepok.

Cara Lainnya adalah dengan mengambil 3 buah pisang batu masak, 3 pisang batu mentah ditumbuk, lalu diperas untuk di ambil airnya. Minum ramuan itu tiga kali sehari, Masing-masing satu gelas anggur. Catatan : Langkah lll jangan sampai digunakan bila kotoran berupa lendir berwarna hijau.

  1. Mimisan

Langkah pertama : Mar atau batang pisang kepok ditumbuk halus, lantas diseduh dengan 1/2

gelas air panas. Setelah disaring, minum 1x sehari sekalian.

Langkah kedua : Hirup cairan dari bonggol pisang kepok.

  1. Sembelit

Makan pisang ambon lumut serta pisang emas. Lakukan demikian kali sehari.

  1. Sariawan

2 pisang batu masak, 2 pisang batu mentah yang telah dikupas kulitnya, ditumbuk hingga halus. Lalu, berikan 2 sendok makan madu. Minum ramuan itu 2x sehari.

  1. Anemia

Anak pisang kepok yang baru 1 jengkal dicuci bersih lalu diparut. Berikan 1 sendok makan garam, lalu peras. Minum ramuan itu 2x sehari, semasing 3 sendok makan.

  1. Sakit maag

1 pisang batu mentah beserta kulitnya, 1 buah mengkudu ditumbuk hingga halus, lalu dipadukan dengan 3 pisang batu masak. Semua itu diremas-remas dengan sedikit air. Setelah disaring, minum sekalian selama 2 minggu.

  1. Radang qinjal

Minum cairan dari batang pisang yang di gabung dengan sedikit gula batu. Minum ramuan itu 3x satu hari.

  1. Menyuburkan rambut

Langkah I : Cairan dari bonggol pisang dioles-oleskan ke kulit kepala.

Langkah II : Bonggol pisang ditumbuk serta diperas untuk di ambil airnya. Campur air ini dengan minyak urang aring seadanya. Lalu, embunkan 1 malam. Basahkan kulit kepala dengan ramuan itu sembari mengurut kepala Anda. Setelah sebagian jam, keramaskan rambut Anda.

  1. Melembutkan telapak tangan

Gosokkan kulit pisang emas ke tangan Anda

Itulah 20 Jenis Penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan Batang Pisang maupun Buah Pisang.

Segera beritahu Keluarga atau sahabat anda yang menderita atau mengidap salah satu dari 20 penyakit tersebut.

Tentang Penulis
Mokhamad Asyief Khasan Budiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2016-03-18
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *