Bekantan si Monyet Belanda

Satwa
Bekantan si Monyet Belanda
18 Mei 2016
6432

Halo sahabat Warriors! Ini dia satwa endemik pulau Kalimantan si hidung besar!

Bekantan atau dalam nama ilmiahnya Nasalis larvatus adalah sejenis monyet berhidung panjang dan besar dengan rambut berwarna cokelat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal monyet Nasalis. Ciri-ciri utama yang membedakan bekantan dari monyet lainnya adalah hidungnya panjang dan besar.  Karena hidungnya inilah bekantan dikenal juga sebagai monyet Belanda.

Klasifikasi! Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Mammalia; Ordo: Primata; Famili: Cercopithecidae; Upafamili: Colobinae; Genus: Nasalis; Spesies: Nasalis larvatus

Bekantan hidup berkelompok dalam kawanan sebanyak 10 sampai 30 ekor. Dalam satu kawanan mereka suka mengeluarkan suara berisik di hutan. Pada siang hari kawanan menjelajah hutan untuk mencari makan dan pada sore hari kembali ke dekat sungai untuk memilih tempat tidur. Bekantan tergolong hewan pemakan daun dan buah – buahan, bunga, jenis paku - pakuan, cendawan, larva insekta, dan rayap.

Satwa yang oleh IUCN masuk dalam daftar merah dikategorikan dalam status konservasi “Terancam” (Endangered). Satwa ini juga dijadikan sebagai maskot provinsi Kalimantan Selatan berdasarkan SK Gubernur Kalsel No. 29 Tahun 1990 tanggal 16 Januari 1990. Selain itu, satwa ini juga menjadi maskot Dunia Fantasi Ancol.

 

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan