Anoa Dataran Rendah

Satwa
Anoa Dataran Rendah
25 Mei 2016
3235

Klasifikasi! Kingdom: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Mamalia; Ordo: Artiodactyla; Famili: Bovidae; Genus: Bubalus; Spesies: Bubalus depressicornis

Anoa Dataran Rendah atau Bubalus depressicornis merupakan hewan endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. kerap disebut juga sebagai Kerbau Kerdil. Sekilas anoa dataran rendah memang mirip dengan kerbau, hanya saja penampilan fisiknya lebih kecil dan lebih pendek ukurannya. Anoa termasuk hewan herbivora dan memakan makanan yang berair seperti pakis, rumput, tunas pohon, buah-buahan yang jatuh, dan jenis umbi-umbian. Panjang tubuhnya sekitar 150 cm dengan tinggi sekitar 85 cm. Tanduk anoa dataran rendah panjangnya 40 cm. Sedangkan berat tubuh anoa dataran rendah mencapai 300 kg.

Penurunan populasi Anoa Dataran Rendah lebih disebabkan oleh perburuan untuk dimanfaatkan dagingnya, konversi hutan menjadi daerah pertanian, pembukaan lahan untuk pertambangan emas, dan aktivitas perambahan hutan lainnya. Mengingat penurunan populasi dan ancaman yang terus berlangsung, anoa dataran rendah dikategorikan sebagai spesies Endangered / terancam punah oleh IUCN. Sedangkan CITES, memasukkan hewan endemik ini sebagai Appendix I. Di Indonesia sendiri, anoa dataran rendah dimasukkan sebagai hewan yang dilindungi berdasarkan PP. Nomor 7 Tahun 1999.

(sumber: internet)

Tentang Penulis
Selpandri Gerhat J
Universitas Sumatera Utara

Tinggalkan Balasan

2016-07-13
Difference:

Tinggalkan Balasan