Angsana/ Sono Kembang (ind) /Rosewood (eng)

Article
Angsana/ Sono Kembang (ind) /Rosewood (eng)
Flora
2424
23 June 2015
Fakultas Kehutanan
Author
Abednego Togatorop
110
posting

 

Angsana (Ptecrocarpus Indicus), merupakan salahsatu tnaman/ pohon yang tumbuh di daerah tropis yang penyebarannya sudah berskala besar. Penyebaran alamit erdapat di Asia Tenggara, Indonesia khususnya menjadi habitat pohon ini yang sangat dominan.

Angsana merupakan jenis pionir yang sangat baik tumbuhu bangunan, perabot rumah tangga, alat  pada daerah/keadaan terbuka. Jenis tanah atau struktur tanah tidak terlalu mempengaruhi pertumbuhannya. Mulai dari jenis tanah yang subur dan gembur yang memiliki tingkat drainase yang tinggi sampai terendah hingga ke jenis dan struktur tanah berbatu juga cocok untuk habitus pohon ini.

Pohon Angsana dapat tumbuh pada ketinggian 600 m dpl. namun tanaman ini dapat tumbuh pada hingga ketinggian 1300 m dpl. Untuk ketinggian dapat mencapai 35 – 45 meter dengan tajuk yang dominan serta diameter yang cukup besar. Jenis bunga atau daun yang dimiliki angsana mirip dengan jenis daun beringin, kecil berwarna kekuningan kuningan hingga merah.

agungsmail.wordpress.com

Berbicara tentang manfaat dan keuntungan dari jenis tanaman ini, bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias di taman dan sepanjang jalan, kayu bangunan, mebel, perlengkapan, perkakas  bahkan kulit bisa digunakan untuk bahan obat-obatan melalui berbagai kombinasi jenisnya.

Deskripsi Angsana : oleh Abednego Togatorop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *