Amyda cartilaginea, Kura-Kura Keramat dari Cirebon

Artikel
Amyda cartilaginea, Kura-Kura Keramat dari Cirebon
Lain-lain
3650
29 Oktober 2014
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Kura-kura Belawa, hewan ini termasuk dalam ordo testudinata. Hewan dengan nama ilmiah Amyda cartilaginea ini sangat unik, tidak seperti kura-kura yang umumnya memiliki karapas (cangkang) yang sepenuhnya keras, kura-kura belawa memiliki karapas dengan bagian yang lunak dan bagian yang menyerupai tulang rawan (cartilago).

Hewan yang memiliki ciri khas hidung menyerupai belalai kecil ini kadang disebut dengan nama bulus atau labi-labi. Sebutan kura-kura belawa sendiri datang dari warga Desa Belawa yang mengkeramatkan kura-kura ini di Taman Wisata Cikuya, Cirebon.

sumber foto: http://www.cites.org/

Kura-kura belawa tidak termasuk hewan yang dilindungi padahal spesies ini semakin sulit ditemui di habitat aslinya. Meskipun begitu hewan ini sudah masuk dalam Appendix II CITES, artinya meskipun spesies ini boleh diperdagangkan tapi jumlahnya ditentukan kuota.

Berbeda dengan kura-kura belawa, nasib tuntong Batagur baska sudah dilindungi dibawah SK No. 327/Kpts/Um/5/1978 Kementerian Pertanian bersama lima spesies kura-kura lainnya. Lima spesies kura-kura yang dilindungi tersebut adalah bulus raksasa Chitra indica, kura-kura irian Carettochelys insculata, kura-kura gading Orlitia borneensis, kura-kura irian leher pendek Elseya novaeguinea.

[cites testudines trubus]

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *