8 Cagar Biosfer Indonesia yang Diakui Dunia

Artikel
8 Cagar Biosfer Indonesia yang Diakui Dunia
Lain-lain
2267
13 Maret 2015
Biodiversity Warriors
Penulis
Admin BW
932
posting

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat besar, tidak hanya keanekaragaman spesies Indonesia memiliki 8 cagar biosfer yang diakui oleh UNESCO. Cagar biosfer adalah kawasan ekosistem yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara pelestarian keanekaragam hayati, pembangunan ekonomi, dan kebudayaan.

Cagar biosfer adalah salah satu program yang digagas oleh UNESCO, yaitu program Man and Biosphere. Sejak program Man and Biosphere (MAB) dicetuskan oleh UNESCO pada tahun 1971 sudah ada 631 cagar biosfer yang tersebar di 119 negara. Sedangkan di Asia dan Pasifik sudah ada 23 negara yang mempunyai cagar biosfer, termasuk Indonesia tentunya.

Taman Nasional Komodo. © Evergreen

 

Cagar biosfer di Indonesia dibagi menjadi 7 wilayah yaitu wilayah Sumatera, Jawa dan Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Enam tahun setelah program MAB tebentuk UNESCO menunjuk empat wilayah Indonesia menjadi cagar biosfer yaitu Cibodas, Kepulauan Komodo, Lore Lindu, dan Tanjung Puting. Setelah itu pada tahun 1981 dua wilayah dari Sumatera ditunjuk menjadi cagar biosfer, yaitu Gunung Leuser dan Siberut. Pada tahun 2009 dan 2012 Giam Siak Kecil – Bukit Batu dan Wakatobi menggenapkan jumlah cagar biosfer Indonesia menjadi delapan.

Referensi:

[UNESCOMAB INDONESIAEKOLOGIZ]

0
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *