...

...
1 Desember 2022
791

 

ACARA I : PENAKSIRAN POTENSI PRODUKSI DAN PERKIRAAN BESARNYA ETAT
LATAR BELAKANG
Perencanaan pemanenan kayu merupakan penentuan tingkat produksi kayu yang lestari, baik lestari sumberdaya hutannya maupun lestari pengusahaannya.Kayu yang dipungut harus tidak melebihi produktivitas (riap hutan yang dipanen dan menjamin agar pengusahaan hutan dapat lestari, dan perlu diupayakan agar jumlah kayu yang dihasilkan minimal sama dengan jumlah biaya yang dikeluarkan perlu ditatapkan jumlah produksi kayu yang maksimal dapat dihasilkan dengan mempertimbangkan kelestarian usahanya.
Kegiatan penebangan merupakan suatu kegiatan untuk memanen pohon atau tegakan yang telah memenuhi syarat untuk dipanen sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, khususnya yang menyangkut limit diameter pohon.Pemanenan yang dilakukan dapat menjamin kelestarian fungsi produksi, perlu terlebih dahulu melakukan perhitungan etat. Etat merupakan jatah tebangan tahunan (JPT) yang diperkenankan dan disesuaikan dengan rotasi atau daur tebang yang telah ditetapkan.
Etat juga merupakan banyaknya hasil hutan(kayu) yang diperbolehkan untuk ditebang dalam jangka waktu tertentu dengan tetap menjaga kelestariannya.Etat meliputi etat luas dan etat volume. Perhitungan etat dilakukan dengan dua pendekatan, yakni luas efektif sisa areal virgin forest dibagi sisa daur atau luas areal efektif untuk produksi dibagi dengan lama daur tebang.Kegiatan ini dilaksanakan agar memperoleh pemahaman mengenai perkembangan cara penetapan etat berdasarkan struktur tegakannya.
TINJAUAN PUSTAKA
Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) merupakan proses pengelolaan lahan hutan untuk mencapai tujuan produksi tanpa mengurangi proses pembangunan berkelanjutan dan tidak menimbulkan dampak lingkungan baik fisik maupun sosial. Untuk mencapai tujuan Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL), maka persoalan sosial, ekonomi, dan ekologi harus bergabung menjadi satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Persoalan ekologi merupakan peroalan bagaimana dalam menjaga fungsi ekosistem alam itu sendiri, persoalan ekonomi adalah bagaimana meningkatkan dan memelihara standar kehidupan bagi manusia, serta persoalan sosial yaitu bagaimana dalam menjaga proses sosial manusia(Hadi,dkk.2012).
Melalui suatu penataan dan pengelolaan yang tepat, hutan pendidikan dapat memberikan hasil dan jasa lingkungan dengan nilai yang cukup besar dalam rangka perwujudan nilai tersebut, perlu adanya kesepahaman diantara para stake-holders bahwa hutan pendidikan pada dasarnya harus ditata dan dikelola untuk tujuan memproduksi hasil dan aneka jasa lingkungan. Hal ini merupakan prasyarat bagi pendayagunaan potensi hutan pendidikan sebagai dasar dalam penyusunan model pengelolaan hutan multifungsi (Malamassam, 2013).
Selama ini penentuan besarnya etat menggunakan data yang diperoleh tidak setiap tahun karena kendala luasan dan biaya yang besar serta waktu yang lama. Hal ini menghasilkan perhitungan etat yang statis dan tidak sesuai dengan kondisi persediaan tegakan aktual. Saat ini, teknologi penginderaan jauh sudah berkembang pesat. Citra satelit dapat menghasilkan informasi mengenai perubahan lahan dari waktu ke waktu secara lengkap, cepat, akurat, dan biaya yang relatif

murah, sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas interpretasi tegakan (standing stock) aktual (Jaya,2015).
DAFTAR PUSTAKA
Hadi. 2012. Potensi Biomassa Dan Simpanan Karbon Jenis-jenis Tanaman Berkayu Di Hutan Rakyat Desa Nglanggeran,Gunungkiful, Daerah Istimewa Yoyakarta.Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Jaya, I N. S. 2015. Penuntun Praktikum Dasar-Dasar Penginderaan Jarak Jauh. Fakultas Kehutanan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Malamassam, 2013. Peran Hutan Sebagai Penyedia Jasa Lingkungan.Fakultas Kehutanan Ugm. Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan. Yogyakarta

Tentang Penulis
Marciana Fridolin Omenu
Kehutanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel
Terkait
Tidak ada artikel yang ditemukan
2022-12-30
Difference:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *